Pakar Sebut Tipe Orang yang Rentan Terpapar Virus Corona
TEMPO.CO | 03/03/2020 06:30
Sejumlah petugas mengenakan pakaian pelindung lengkap saat bersiap menyambut kedatangan kru kapal pesiar Diamond Princess yang dinyatakan negatif virus corona di Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Minggu, 1 maret 2020. Pemerintah mengeva
Sejumlah petugas mengenakan pakaian pelindung lengkap saat bersiap menyambut kedatangan kru kapal pesiar Diamond Princess yang dinyatakan negatif virus corona di Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Minggu, 1 maret 2020. Pemerintah mengevakuasi 69 kru kapal pesiar Diamond Princess dari Yokohama, Jepang dan selanjutnya akan menjalani proses observasi di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta. ANTARA

TEMPO.CO, Jakarta - Indonesia menemukan adanya dua kasus virus corona yang menginfeksi ibu dan anak perempuan. Virus yang muncul di Wuhan, Cina, ini merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pernapasan, seperti SARS dan MERS. Penyebaran virus corona antarmanusia terjadi melalui sejumlah cara seperti lewat udara dengan batuk dan kontak dengan berjabat tangan atau menyentuh benda dengan virus di atasnya.

Pakar penyakit dalam dan spesialis paru-paru FKKMK Universitas Gajah Mada (UGM), Sumardi, mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak khawatir secara berlebihan menghadapi virus corona ini. Namun, masyarakat diharapkan meningkatkan kewaspadaan. Caranya dengan menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

“Virus corona ini bisa menyerang siapa saja segala usia, tetapi risiko lebih besar pada orang dengan daya tahan tubuh lemah,” jelasnya.

Virus corona yang menginfeksi pada manusia umumnya memunculkan gejala, seperti flu, batuk, demam, dan sakit kepala. Pada orang dengan daya tahan tubuh kuat, gejala ini biasanya akan hilang atau sembuh dalam waktu tidak lama. Sekilas, gejala penyakit ini sama persis seperti orang flu sehingga kadang membuat bingung.

"Namun, saat di hari kedua masih demam dan tiba-tiba sesak napas harus segera dibawa ke rumah sakit, apalagi yang habis pulang dari Cina karena ada risiko terinfeksi,” tegasnya.

Serangan virus ini pada orang dengan sistem imun lemah dapat mengakibatkan infeksi saluran pernapasan bawah yang lebih serius, bahkan kematian. Virus corona yang menginfeksi pada manusia umumnya memunculkan gejala, seperti flu, batuk, demam, dan sakit kepala.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT