Andrea Dian Mengaku Minum Obat Ini selama Perawatan Covid-19
TEMPO.CO | 04/04/2020 20:05
Andrea Dian kini dirawat di sebuah kamar bersama lima pasien Corona lainnya dengan kondisi yang berbeda. Artis yang gemar berolahraga itu kini dalam keadaan sehat tanpa keluhan. instagram.com/andreadianbimo
Andrea Dian kini dirawat di sebuah kamar bersama lima pasien Corona lainnya dengan kondisi yang berbeda. Artis yang gemar berolahraga itu kini dalam keadaan sehat tanpa keluhan. instagram.com/andreadianbimo

TEMPO.CO, Jakarta - Andrea Dian, yang mengaku positif terinfeksi corona beberapa waktu lalu, tengah menunggu hasil tes kedua dari virus corona arau Covid-19 yang dideritanya. Aktris yang tengah dirawat di Rumah Sakit Darurat Wisma Atltet ini sudah menjalani rapid test pada 1 April 2020. Ini merupakan tes pertama setelah melalui pengobatan di rumah sakit. Hasilnya negatif. 

Tapi, dia harus menjalani satu kali lagi tes untuk memastikan jika virus corona benar-benar hilang dari tubuhnya. Tes kedua sudah dijalani Sabtu, 4 April 2020. Dia menyatakan masih menunggu hasilnya.

Di akun Instagram pribadinya @andreadianbimo, dia memaparkan apa sebenarnya obat yang dikonsumsinya selama dirawat di RS khusus pasien Covid-19 Wisma Atlet, Jakarta.

Dia menjawab pertanyaan dari pengikutnya di channel media sosial. Menurutnya, obat yang dikonsumsinya hanyalah multivitamin dan vitamin C. 

Selain itu, ada empat jenis obat medis yang diberikan, salah satunya chloroquine, yang disebut banyak digunakan di Cina pusat penyebaran wabah, untuk mengobati virus corona.

Hasilnya, obat itu tidak bekerja baik pada tubuhnya. Bahkan, dia mengalami efek yang cukup menyeramkan. Mulai dari mual, pusing, jantung berdebar, lemas seperti hendak pingsan, napas pendek, hingga tangannya tremor. Sehingga tim dokter memutuskan untuk menghentikan pemberian obat tersebut. 

Dia juga berpesan agar jangan sekali-kali minum obat ini tanpa anjuran dokter karena efeknya bisa berbahaya. "Tidak semua orang cocok," kata dia. 

Dia mengatakan pemberian infus dan ventilator hanya diberikan pada pasien tertentu yang membutuhkan. Khusus ventilator, diberikan  pada pasien yang memiliki gejala sesak napas karena penyakit bawaan, sedangkan untuk mereka yang tidak mengalami, tidak perlu memakainya.

Selain obat-obatan, makanan sehat tiga kali sehari juga diberikan rutin padanya. Juga dia diharuskan minum air putih minimal dua liter sehari. 

"Selama perawatan aku dapat makanan seimbang, terdiri dari lauk seperti ikan atau daging, tahu tempe, sayur, susu dan buah," beber Andrea kembali menjawab pertanyaan pengikutnya di Instagram.

Andrea juga tak lupa menjalankan hobi olahraganya selama di rumah sakit, seperti layaknya ketika dia berada di rumah. Dalam beberapa video yang diunggahnya, Andrea tampak berolahraga lengkap dengan pakaian sport nya dengan kondisi tubuh yang terlihat fit. 

Terkait biaya pengobatan selama perawatan, dia mengaku belum mengetahuinya, dan berjanji akan menjelaskannya sepulang dari RS.

Sebelumnya, pemerintah menyatakan jika biaya pasien terinfeksi virus corona akan ditanggung pemerintah, karena wabah ini merupakan pandemi global.

Seperti diketahui Andrea sempat mengalami demam tinggi yang menjadi salah satu gejalan covid -19. Ketika berobat, dia didiagnosis demam berdarah dan menjalani rawat inap di salah satu RS swasta di Jakarta.

Meskipun kondisinya membaik, kekhawatirannya membuat dia meminta pemeriksaan swab tenggorok, dan ternyata hasil tes menyatakan dia positif Covid-19.

Selanjutnya Andrea pun langsung dirujuk ke RSAL Mintohardjo Jakarta Pusat pada 18 Maret 2020, kemudian kembali dipindahkan ke Wisma Atlet pada 28 Maret hingga saat ini.

Shock, takut menghinggapinya. Tapi perempuan yang dikenal sangat gemar berolahraga itu optimistis dapat sembuh dari Covid-19. Bahkan Andrea Dian pun masih menjalani olahraga selama di wisma Atlet.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT