8 Makanan untuk Tingkatkan Imunitas Lansia di Masa Pandemi Corona
TEMPO.CO | 04/05/2020 07:20
Ilustrasi lansia berkebun. shutterstock.com
Ilustrasi lansia berkebun. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Orang lanjut usia atau lansia umumnya rewel tentang rasa makanan. Hal itu disebabkan oleh lidah yang fungsinya mulai berkurang sebagai indra perasa. Akibatnya, para lansia pun tak terlalu berselera makan. Ditambah dengan fungsi organ dan kekebalan tubuh yang melemah, orang di atas 65 tahun jadi mudah mendapatkan masalah kesehatan.

Imunitas atau sistem kekebalan tubuh yang berfungsi dengan baik membantu menghilangkan benda asing dan sel-sel ganas. Untuk meningkatkan sistem kekebalan manula, salah satu caranya adalah pola makan yang baik dan seimbang, dengan bumbu dan rempah-rempah yang kaya akan vitamin dan mineral tertentu.

Di tengah pandemi corona, para ahli kesehatan telah menunjukkan bahwa meningkatkan kekebalan tubuh sangat penting, terutama untuk orang tua yang termasuk dalam kelompok risiko tertular virus penyebab Covid-19 ini. 

Itu sebabnya, lansia perlu mengkonsumsi makanan yang dapat membantu meningkatkan kekebalan mereka. Dilansir dari Boldsky, Sabtu, 2 Mei 2020, berikut beberapa makanan diperlukan orang di atas 65 tahun.

1. Nasi merah

Nasi merah mengandung banyak vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang kuat. Bila dikonsumsi dalam porsi terkontrol, makanan ini dapat membantu mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh. Selain itu, beras merah kaya akan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada sistem kekebalan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan.

2. Ubi jalar

Kaya akan beta karoten dan vitamin A, ubi jalar memiliki kandungan antioksidan yang dapat bermanfaat bagi sistem kekebalan lansia. Selain rasanya yang manis, ubi jalar jadi karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi orang dewasa paling tidak sekali seminggu.

3. Bayam

Bayam mengandung banyak vitamin C, antioksidan, dan beta karoten sehingga baik untuk diet. Sayuran hijau ini juga kaya akan vitamin K yang membuatnya wajib ada dalam daftar makanan penguat imunitas lansia.

4. Telur

Telur kaya akan protein dan vitamin yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, terutama untuk orang yang menua.

5. Yoghurt

Mengonsumsi yoghurt dapat memperkuat usus sehingga dapat mencegah penyakit gastrointestinal. Yoghurt kaya dengan probiotik (bakteri baik) yang membantu menghancurkan bakteri jahat di perut. Bakteri baik ini juga merupakan penguat kekebalan tubuh yang baik untuk lansia.

6. Herbal dan rempah-rempah

Herbal dan rempah-rempah seperti kunyit dan jahe dapat membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit. Bahan ini juga dapat membantu memperbaiki sel yang rusak dan memperkuat kekebalan seseorang. Selain kunyit dan jahe, kayu manis dan oregano juga dipercaya dapat meningkatkan imunitas lansia.

7. Protein

Makanan seperti ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, tiram, salmon dan kedelai tergolong makanan sehat yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Makanan ini juga kaya asam lemak omega-3 yang menjadikan protein tanpa lemak seperti salmon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melindungi tubuh terhadap berbagai penyakit.

8. Air

Lansia juga perlu minum setidaknya delapan gelas air per hari untuk menjaga selaput lendir tetap lembap dan menurunkan kemungkinan flu atau pilek. Menjaga diri terhidrasi dapat membantu fungsi sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, memasukkan buah beri, apel, daun selada, paprika, almond dan bit ke dalam makanan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengikuti diet yang seimbang, bersama dengan olahraga yang baik dan jadwal tidur yang sehat dapat membantu mengurangi risiko pilek dan dapat memperlambat perkembangan infeksi pernapasan, rheumatoid arthritis dan kondisi terkait penglihatan pada lansia.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT