Perkuat Kekebalan Tubuh Lansia dengan Makanan Berikut
TEMPO.CO | 05/05/2020 05:49
Ilustrasi lansia makan sayur. Shuttterstock
Ilustrasi lansia makan sayur. Shuttterstock

TEMPO.CO, Jakarta - Setelah seseorang berusia 65 tahun, sistem kekebalan tubuh semakin lemah, membuat seseorang rentan terhadap beberapa masalah kesehatan. Sistem kekebalan yang berfungsi dengan baik membantu menghilangkan benda asing dan sel-sel ganas dari sistem dan membantu mengatur respons kekebalan terhadap pemicu eksternal yang tidak berbahaya, seperti makanan atau jaringan tubuh.

Untuk lansia, meningkatkan sistem kekebalan terdiri dari pola yang baik dan seimbang, yang memiliki bumbu dan rempah-rempah kaya vitamin dan mineral tertentu, yang dapat membantu membangun mekanisme pertahanan yang kuat serta mampu melawan infeksi dan penyakit.

Di tengah pandemi virus corona, para ahli kesehatan telah menunjukkan bahwa, walaupun sangat penting untuk menyebutkan standar kebersihan seperti sering mencuci tangan, sama pentingnya untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan lansia yang termasuk dalam kelompok risiko tertular virus corona, penting untuk mengonsumsi makanan yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Dikutip dari Boldsky.com, berikut beberapa makanan sehat yang dapat membantu meningkatkan kekebalan pada lansia.

Nasi merah
Nasi merah mengandung banyak vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang kuat, yang bila dikonsumsi dalam porsi terkontrol dapat membantu mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh. Selain itu, beras merah kaya antioksidan, yang membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada sistem kekebalan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan

Ubi jalar
Ubi jalar kaya beta karoten dan vitamin A, serta antioksidan yang dapat memberi manfaat pada sistem kekebalan tubuh lansia. Umbi manis ini juga kaya karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi orang dewasa paling tidak sekali seminggu.

Bayam
Kaya vitamin C, antioksidan, dan beta karoten, bayam adalah tambahan yang baik untuk diet. Bayam juga kaya vitamin K, yang membuat sayuran berdaun harus ditambahkan dalam pola makan penambah kekebalan untuk lansia.

Telur
Kaya protein dan vitamin yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, telur didefinisikan sebagai gudang vitamin dan mineral yang diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh lansia.

Yogurt
Mengonsumsi yogurt dapat membantu memperkuat saluran usus, yang akan membantu mencegah penyakit gastrointestinal. Yogurt penuh dengan probiotik (bakteri baik) yang membantu menghancurkan bakteri jahat di perut dan merupakan penguat kekebalan tubuh yang baik untuk lansia.

Bumbu dapur dan rempah-rempah
Mengonsumsi bumbu dapur dan rempah-rempah seperti kunyit dan jahe dapat membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit pada lansia, juga dapat membantu memperbaiki sel yang rusak. Selain itu, kayu manis dan oregano adalah tambahan sehat yang dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Makanan tanpa lemak
Makanan seperti ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, tiram, salmon, dan kedelai adalah tambahan sehat yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Menjadi sumber yang kaya asam lemak omega-3, protein tanpa lemak seperti salmon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melindungi tubuh terhadap berbagai penyakit.

Air putih
Sangat penting bagi lansia untuk minum setidaknya delapan gelas air per hari untuk menjaga selaput lendir lembab dan menurunkan kemungkinan flu atau pilek. Menjaga diri terhidrasi dapat membantu fungsi sistem kekebalan tubuh. Selain itu, memasukkan beri, apel, selada, paprika, almond, dan bit ke dalam makanan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dan fungsinya.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT