Pilihan Makanan yang Baik buat Lansia
TEMPO.CO | 17/05/2020 19:45
Ilustrasi Kacang Almond. Getty Images
Ilustrasi Kacang Almond. Getty Images

TEMPO.CO, Jakarta - Sejak kecil kita selalu diajarkan untuk mengonsumsi makanan sehat dan kaya nutrisi. Begitu pula dengan lansia, nutrisi hariannya harus terpenuhi untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Berikut lima makanan yang bisa ditambahkan pada menu makan orang berusia di atas 50 tahun menurut Indian Express.

Almond
Penelitian global menunjukkan konsumsi almond setiap hari dapat berdampak positif pada diabetes tipe 2, kesehatan jantung, dan mengontrol berat badan serta semua masalah yang menyerang orang berusia 50-an tahun. Almond mengandung 15 nutrisi utama, seperti vitamin E, magnesium, protein, riboflavin serta seng.

Yogurt
Yogurt sarat bakteri baik atau probiotik yang bagus untuk kesehatan pencernaan. Dipenuhi dengan zat gizi mikro seperti seng, kalium, dan vitamin D, mengonsumsi yogurt juga membantu mengendalikan tekanan darah dan juga membentuk kekebalan tubuh.

Biji-bijian utuh
Biji-bijian utuh mengandung serat yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan meningkatkan kadar kolesterol darah. Pastikan untuk menambahkan biji-bijian utuh, seperti gandum utuh, oatmeal, millet, beras merah, dan lainnya dalam makanan.

Telur
Telur kaya protein, vitamin D, dan kolin berkualitas tinggi. Selain itu, telur mengandung asam amino yang membantu menjaga kekuatan otot tubuh. Telur juga merupakan sumber vitamin B12 dan folat, nutrisi untuk mencegah hilangnya memori. Karena itu, pastikan lansia mengonsumsi sebutir telur setiap hari.

Sayuran hijau
Sayuran berdaun hijau dikenal memiliki tingkat penurunan kognitif yang lebih rendah, yang menjadikannya pilihan yang baik, terutama bagi orang yang berusia 50 tahun ke atas. Sayuran seperti selada dan kol kaya nutrisi, seperti vitamin C, vitamin B6, magnesium, serat, dan rendah kalori.

Bayam juga bagus untuk dikonsumsi. Jus bayam tinggi kalium, magnesium, dan juga mengandung antioksidan yang membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan mata.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT