Manfaat Buah Malaka untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh
TEMPO.CO | 25/05/2020 11:50
Buah malaka. Quora.com
Buah malaka. Quora.com

TEMPO.CO, Jakarta - Sistem kekebalan tubuh yang kuat adalah garis pertahanan pertama melawan virus, yang dapat menyebabkan komplikasi dan mengancam jiwa. Di tengah pandemi Covid-19, sistem kekebalan tubuh sangat penting untuk mencegah infeksi virus corona.

Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan makanan sehat. Diet sehat dan seimbang, yang penuh dengan nutrisi, adalah cara terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Salah satu makanan yang murah, mudah didapat, dan dapat membantu meningkatkan kekebalan adalah amla atau malaka. Berikut alasan mengapa buah malaka baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, dikutip dari timesofindia.com.

Mengandung kromium
Buah malaka memiliki kromium yang dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Jantung adalah organ vital lain yang dapat terkena virus corona. Jadi, yang terbaik adalah melakukan diet jantung-sehat.

Kaya antioksidan
Malaka memiliki berbagai antioksidan yang dapat membantu menetralkan radikal bebas, dengan demikian menyelamatkan dari banyak penyakit. Buah malaka juga memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mendetoksifikasi dan bahkan mengurangi jerawat dan ketombe.

Membantu membakar lemak
Obesitas dikaitkan dengan tidak hanya satu penyakit, melainkan banyak penyakit, termasuk jantung dan diabetes. Buah malaka dapat membantu mencapai indeks massa tubuh (BMI) yang sehat dengan membantu penurunan berat badan. Serat malaka membuat perut berisi lebih lama dan meningkatkan pencernaan.

Membantu meredakan gejala pilek dan batuk
Covid-19 adalah penyakit pernapasan dan karenanya penting untuk memperkuat sistem pernapasan. Buah malaka telah lama digunakan untuk meredakan gejala batuk dan pilek, yang sering menyebabkan dada tersumbat. Vitamin C dalam malaka juga meningkatkan kekebalan tubuh.

Malaka mudah tersedia di pasar dan dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Anda bisa mendapatkan selai malaka atau yang sudah dikeringkan, bahkan di pasar. Anda dapat membuat acar dari buah malaka di rumah. Jika suka makanan yang rasanya kecut, Anda bisa makan buah malaka dengan sedikit garam.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT