5 Hal Penting Saat Menjaga Kebersihan Rumah dari Virus
TEMPO.CO | 31/05/2020 15:50
Ilustrasi rumah bersih dan nyaman  karya Sontani Partners // Arsitag.com
Ilustrasi rumah bersih dan nyaman karya Sontani Partners // Arsitag.com

TEMPO.CO, Jakarta - Pandemi covid-19 membuat semua orang menjaga kebersihan baik di dalam dan luar ruangan. Terutama rumah, tempat berkumpul dengan keluarga, harus menjadi tempat paling aman. Tak hanya melindungi dari panas dan hujan, tapi juga virus agar kesehatan seluruh penghuninya terjaga dengan baik.

Selain menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan serta tidak menyentuh wajah sembarangan, Anda pun penting untuk menciptakan rumah rapi dan bersih. Hal ini agar Anda terhindar dari serangan berbagai penyakit termasuk COVID-19 yang sedang mewabah saat ini.

Simak beberapa tips bersih-bersih agar menghalau virus penyakit berkembang di dalam rumah

1. Perbaiki wastafel Anda

Wastafel cantik karya Helloembryo  // arsitag.com

Pakar kesehatan merekomendasikan kita untuk mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik, terutama setelah kita menyentuh benda-benda yang kotor dan sebelum makan. Agar semakin bersemangat melakukannya, percantik wastafel di rumah Anda. Bisa dengan menambahkan cermin atau wadah sabun pencuci tangan yang lucu. Sesuaikan dengan tema rumah Anda agar interiornya tetap konsisten. Anda dan anggota keluarga lainnya tentu tidak akan malas cuci tangan dengan desain wastafel yang bersih dan cantik.

Bagaimana dengan hand sanitizer? Cairan pembersih tangan praktis ini sebaiknya hanya digunakan di luar rumah. Ketika Anda berada di rumah atau tangan Anda terkena kotoran yang terlihat, membersihkan dengan sabun akan jauh lebih efektif mengusir kuman.

2. Bersihkan semua permukaan di rumah Anda

Bersihkan semua permukaan // cosentino.com

Virus penyebab COVID-19 yang bersifat droplet, disebut mampu bertahan di beberapa jenis permukaan benda seperti plastik, logam, dan kayu. Karena kita tidak tahu kapan kita menyentuh permukaan meja atau kursi di rumah setelah dari luar, kini Anda perlu untuk membiasakan diri membersihkan semua permukaan di rumah. Tidak hanya dari debu, tetapi juga dari kuman-kuman yang tak terlihat. Beberapa jenis disinfektan mampu membantu Anda menyingkirkan bakteri dan virus dari permukaan meja dan perabotan lainnya.

3. Gunakan produk yang tepat dan ikuti instruksi penggunaannya

Gunakan cairan pembersih sesuai klasifikasinya // moralfibres.co.uk

Saat ini banyak beredar video panduan tentang cara membersihkan kuman. Sabun merupakan bahan yang umum digunakan. Namun, jika Anda memanfaatkan produk yang mengandung alkohol atau bahan kimia berbahaya lainnya, penting untuk memastikan keamanannya. Ingat, jangan menggunakan produk berbahaya untuk membersihkan benda-benda yang kontak langsung dengan kulit. Perhatikan instruksi dan cara penggunaannya agar tidak terjadi efek samping yang membahayakan.

4. Fokus pada area yang sering disentuh

Fokus bersihkan area yang sering disentuh seperti gagang pintu // freepik.com

Membersihkan atau mensterilkan benda-benda seisi rumah tentu tidak masuk akal dan merepotkan. Alih-alih, cobalah fokus pada tempat-tempat yang paling sering disentuh oleh penghuni rumah. Benda-benda tersebut antara lain adalah handel pintu, sakelar lampu, permukaan meja, remote, toilet, hingga keran. Kalau anak-anak di rumah sering bermain dengan teman-temannya menggunakan perangkat game console, jangan lupa juga untuk selalu membersihkan peralatan tersebut. Cara ini mencegah perpindahan kuman dari satu tempat ke tempat yang lain yang sering disentuh.

5. Buat rutinitas bersih-bersih khusus setelah dari luar rumah

Dapur dengan mesin cuci untuk membersihkan pakaian setelah keluar rumah, hunian karya La.casa  // Arsitag.com

Di tengah wabah seperti ini, virus dari luar rumah adalah hal yang rentan terbawa saat Anda kembali. Begitu tiba dari luar, langsung lakukan rutinitas pembersihan diri. Mulai dari membuka pakaian, mandi, kemudian membersihkan barang-barang yang Anda bawa saat keluar rumah. Bersihkan juga permukaan ponsel hingga tas dengan disinfektan.

Jika ada anak-anak di rumah, mengajak mereka membiasakan diri dengan rutinitas bersih-bersih juga akan sangat membantu menjaga kesehatan seluruh keluarga. Jadikan aktivitas mencuci tangan menjadi sesuatu yang menyenangkan agar mereka tidak lupa melakukannya sesering mungkin. Kalau ada anggota keluarga yang jatuh sakit, berikan perhatian ekstra. Selain agar mereka cepat sembuh, hal ini juga dapat mencegah terjadinya penularan.

 

 

ARSITAG


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT