5 Manfaat Berada di Alam Bebas untuk Otak dan Kesehatan Mental
TEMPO.CO | 31/05/2020 20:45
Ilustrasi jalan kaki. Telegraph.co.uk
Ilustrasi jalan kaki. Telegraph.co.uk

TEMPO.CO, Jakarta - Bisakah Anda ingat kapan terakhir kali Anda menghabiskan waktu berkualitas dengan beberapa pohon dan rumput? Penelitian telah lama mendokumentasikan bagaimana menghabiskan waktu di alam bebas (dan tidak hanya melakukan perjalanan dari titik A ke titik B) dapat memiliki banyak manfaat bagi kesejahteraan dan kesehatan mental Anda secara keseluruhan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam The Journal of Positive Psychology pada tahun 2018 menemukan bahwa menghabiskan lima menit di luar rumah pun dikaitkan dengan peningkatan suasana hati yang signifikan.

Dalam studi tersebut, mahasiswa Universitas Regina di Kanada dinilai di ruang lab tanpa jendela versus kelompok alam, di mana para siswa duduk di bangku di “taman kota” di kampus. Tidak mengherankan, para siswa yang duduk di bangku yang mengalami lima sampai 15 menit di alam melaporkan keadaan emosi  yang dapat diandalkan melalui peningkatan signifikan dalam emosi positif dan "transenden diri". Jumlah waktu yang mereka habiskan di luar (lima menit versus 15) tidak berdampak pada hasil.

Melansir laman Bustle, berikut adalah lima cara yang berada di alam dapat mempengaruhi otak Anda.

1. Kesehatan Mental

Sebuah studi jangka panjang yang diterbitkan dalam Environmental Science & Technology pada tahun 2014 menemukan bahwa, rata-rata, orang yang pindah ke area yang lebih hijau mengalami peningkatan segera dalam kesehatan mental dan kurang tekanan mental. Peningkatan kesehatan mental juga tahan lama, mempertahankan efeknya bahkan tiga tahun setelah pindah. Studi ini menambah bukti yang berkembang dalam mendukung mengintegrasikan lebih banyak ruang hijau seperti taman umum di kota-kota untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

"Temuan ini penting bagi perencana kota yang berpikir tentang memperkenalkan ruang hijau baru ke kota-kota kami, menyarankan mereka dapat memberikan manfaat jangka panjang dan berkelanjutan bagi masyarakat lokal," kata pemimpin peneliti Dr. Ian Alcock dalam sebuah pernyataan.

2. Mengurangi depresi

Sebuah studi yang diterbitkan di PNAS pada tahun 2015 menemukan bahwa peserta yang berjalan selama 90 menit melalui taman hijau di kampus, dibandingkan berjalan di dekat jalan raya di dekatnya, menunjukkan otak yang “lebih tenang” dan kurang memperhatikan aspek negatif dari kehidupan mereka (vs. bagaimana mereka merasa pre-walk) dalam pemindaian otak lanjutan dan kuesioner. Mereka juga mengalami penurunan aktivitas di korteks prefrontal subgenual, area otak yang terkait dengan depresi. Pada dasarnya, berjalan di alam terbukti memiliki efek positif yang hampir langsung pada suasana hati secara keseluruhan.

3. Meningkatkan kesehatan secara keseluruhan

Sebuah analisis mendalam dari 143 studi yang diterbitkan pada tahun 2018 di Environmental Research, menemukan bahwa manfaat kesehatan dari ruang hijau pada manusia termasuk peningkatan detak jantung dan tekanan darah, penurunan yang signifikan secara statistik dalam kadar kolesterol, peningkatan durasi tidur dan hasil neurologis. Mereka juga terkait dengan pengurangan dalam prevalensi diabetes tipe II, mortalitas kardiovaskular, dan mortalitas keseluruhan.

4. "Tingkat" Alam yang Berbeda Dapat Memiliki Efek yang Berbeda

Bergantung pada "tingkat" alam tempat Anda berada, Anda juga dapat menuai berbagai manfaat, menurut sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam Ilmu Perilaku. Penelitian ini memiliki tiga "tingkat", atau pengaturan: satu tingkat memiliki karakteristik seperti hutan belantara, lokasi lain lebih dekat dengan tanaman hijau yang akan Anda temukan di taman umum, dan situs akhir mewakili "lingkungan buatan" yang umum (seperti ruangan tertutup). Gym). Para peneliti menemukan bahwa mengunjungi kedua lingkungan hijau sangat membantu dalam mengurangi tanda stres fisik dan psikologis pada peserta, tetapi orang-orang di hutan belantara melaporkan penurunan tingkat stres yang paling signifikan, relatif terhadap dua kelompok lainnya. Jika Anda benar-benar ingin memanfaatkan waktu di luar rumah, melakukan perjalanan mendaki atau berkemah mungkin merupakan pilihan terbaik.

5. Membantu Meningkatkan Fungsi Perhatian Jangka Pendek

Terinspirasi oleh sebuah penelitian penting tahun 2008 yang diterbitkan dalam Psychological Science yang menyarankan melihat foto-foto alam dapat meningkatkan fungsi perhatian pada orang dewasa muda, sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Experimental Aging Research menemukan bahwa perhatian eksekutif terlihat meningkat baik pada orang dewasa yang lebih tua (64 hingga 79 tahun) dan subjek berusia universitas (18 hingga 25 tahun) setelah paparan singkat dengan foto-foto alam. Berita baik bagi penduduk kota dengan akses ke alam yang lebih sedikit: perhatian para peserta segera sebelum dan setelah melihat foto-foto alam diukur, dan penelitian menemukan bahwa melihat foto-foto itu benar-benar meningkatkan perhatian dan ingatan jangka pendek pada kedua kelompok umur.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT