Kiat Meredam Sikap Terlalu Kritis pada Pasangan
TEMPO.CO | 30/06/2020 19:59
Ilustrasi pasangan bertengkar. shutterstock.com
Ilustrasi pasangan bertengkar. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Hubungan yang terlalu mengendalikan bisa berakibat buruk. Tidak hanya perasaan tetapi juga kesehatan fisik, begitu menurut sebuah penelitian baru-baru ini. Namun, kadang-kadang, sulit untuk mengatakan apakah Anda terlalu kritis terhadap pasangan atau tidak.

Dikutip dari Insider, Dr. Melissa Robinson-Brown, seorang psikolog klinis yang berbasis di New York City untuk Renewed Focus Psychology Services, mengatakan kadang-kadang kebutuhan untuk mengendalikan suatu hubungan cinta datang dari kurangnya kontrol dalam kehidupan.

"Ketika individu merasakan kurangnya kontrol dalam kehidupan lain, seperti pekerjaan dengan bos yang kritis, berjuang menurunkan berat badan, atau hubungan yang buruk dengan keluarga, mereka mungkin merasa lebih terpidana dalam kebutuhan untuk mengendalikan hal-hal dalam hubungan," katanya.

Robinson-Brown dan Dr. Nanika Coor, psikolog klinis dan terapis orang tua untuk Brooklyn Parent Therapy, menjelaskan empat tanda Anda terlalu kritis terhadap pasangan dan cara untuk mengatasinya.

Banyak konflik dalam hubungan
Depresi mental mental, gangguan kecemasan, panik, trauma suasana hati, lelah. Tanda pertama Anda mungkin terlalu mengendalikan hubungan adalah jumlah konflik yang Anda dan pasangan miliki.

Bertengkar terus-menerus tentang apa yang dilakukan salah, bagaimana mereka melakukannya salah, dan keseluruhan keraguan Anda punya kecemasan tentang perlunya memiliki kendali. Sementara, kritik kadang-kadang dapat dibenarkan. Di lain waktu, ia bertindak sebagai mekanisme pertahanan untuk sesuatu yang lebih dalam.

Umpan balik selalu negatif
Jika tidak secara alami memuji pasangan atau berkomentar tentang aspek baik dari apa pun yang dilakukan, kemungkinan Anda terlalu kritis.

"Jika pasangan mencapai sesuatu di tempat kerja, atau jika mereka mendapat promosi, memenangkan kontes, berbagi kemenangan pribadi, Anda berjuang untuk memberikan pujian," kata Robinson-Brown. "Biasanya ada fokus pada kekurangan pasangan."

Hal ini tidak hanya dapat menyakitkan bagi pasangan dan kesehatannya tetapi juga dapat menghentikan Anda dari trauma masa lalu dan bicara tentang diri sendiri yang negatif.

"Jika selalu dikritik sebagai anak kecil, kemungkinan Anda telah belajar cara berhubungan dengan orang lain yang berarti berfokus pada kelemahan yang bertentangan dengan karakteristik atau kekuatan positif," jelas Robinson-Brown. "Anda sangat kritis terhadap diri sendiri, yang sering diterjemahkan menjadi bagaimana berinteraksi dengan orang lain."

Tersinggung ketika pasangan tidak melakukan apa yang Anda inginkan.
Tanda lain Anda terlalu kritis pasangan adalah kelewat sadar dan sangat kritis tentang bagaimana ia mengikuti instruksi Anda. Jika pasangan memutuskan ingin melakukan sesuatu yang lain sepenuhnya, Anda mungkin menganggapnya sebagai penolakan penuh.

"Anda mungkin merasa tersinggung atau khawatir ketika orang lain tidak melakukan apa yang Anda ingin ia lakukan seperti yang Anda inginkan," kata Coor.

Sulit mempercayai orang
Menurut Coor dan Robinson-Brown, banyak kebutuhan untuk mengendalikan segala sesuatu dalam hubungan yang dirasakan sebagian orang berasal dari masa lalu dan trauma sendiri. Jika merasa sulit untuk mempercayai pasangan atau orang-orang pada umumnya, penting untuk memikirkan Anda mungkin mengalami kesulitan melepaskan kendali dalam situasi tertentu.

Solusi yang bisa dilakukan adalah pertama, minta maaf dan bertanggung jawab atas luka yang mungkin disebabkan oleh kecenderungan mengendalikan dari waktu ke waktu. Jika tak ingin mengendalikan dalam hubungan dan menyembuhkan hal-hal dengan pasangan, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengambil tanggung jawab atas tindakan Anda.

Kedua, tanyakan pasangan apakah ia dapat memberi Anda pengingat ketika itu mungkin terjadi. Mendengarkan pasangan adalah kuncinya. Tanyakan kepadanya kapan ia merasa paling terkendali dan apa yang dapat dilakukan untuk membuatnya merasa lebih baik dalam hubungan.

Ketiga, tanyakan pasangan dengan tulus dan langsung apa yang dibutuhkan. Kadang-kadang, berkomunikasi secara pasif-agresif daripada secara jelas mengungkapkan kebutuhan Anda dan kemudian menghukum pasangan karena tidak melakukan apa yang Anda inginkan dapat menjadi bentuk pengendalian yang berlebihan.

Keempat, berlatihlah menemukan hal positif dalam diri dan pasangan. Kritik berlebihan terhadap pasangan sering berarti Anda mengkritik diri sendiri. Mempelajari bagaimana menjadi lebih baik terhadap pasangan dan diri sendiri dapat membantu mengatasi rasa sakit yang mungkin Anda alami.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT