Agar Turis Aman, Pantai Mandalika Dilengkapi Fasilitas SAR
TEMPO.CO | 03/07/2020 22:17
Selain Bali, kawasan Mandalika mulai digemari wisatawan asal Timur Tengah terutama dari Uni Emirat Arab. Dok. Kemenparekraf
Selain Bali, kawasan Mandalika mulai digemari wisatawan asal Timur Tengah terutama dari Uni Emirat Arab. Dok. Kemenparekraf

TEMPO.CO, Mataram - Kawasan wisata Mandalika yang dikelola oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), kini dilengkapi fasilitas rescue.

Sarana pertolongan tersebut berupa jetski dan satu unit kendaraan roda enam All Terrain Vehicle (ATV) dari Badan Nasional Pencarian Pertolongan (Badan SAR Nasional/BASARNAS).

Keberadaan fasilitas dan personil BASARNAS tersebut, melengkapi kebutuhan proses penyelamatan di area pantai dan sekitarnya, bila  sewaktu-waktu terjadi kecelakaan di Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata tersebut.

Baca: Incar Wisatawan Dubai Berbekal Sirkuit MotoGP Mandalika

Sebelumnya, akhir Juni lalu, BASARNAS telah menempatkan enam orang personil SAR terlatih siaga, untuk menyediakan layanan pertolongan di Balawista, Kuta Beach Park, The Mandalika.

Keenam personil tersebut dilengkapi dengan peralatan SAR Laut antara lain satu unit rubber boat, satu unit sepeda motor KLX, dua buah ring buoy, enam buah life jacket, satu buah torpedo buoy, satu buah dolphin spinal board, empat buah palbed.

Sinergi ITDC dan BASARNAS tersebut merupakan bagian dari program BASARNAS dalam mendukung pengembangan kawasan pariwisata The Mandalika, sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional.

Kelengkapan peralatan baru tersebut disampaikan hari ini oleh Kepala Sub Bagian Umum Heriyanto didampingi oleh Kepala Seksi Sumber Daya Pencarian dan Pertolongan A.A Ketut Alit Supartana, dan Koordinator Pos Siaga Kuta Mandalika Ahmad Irsan dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Mataram.

Managing Director The Mandalika I Wayan Karioka berharap sinergi ini dapat memperkuat sistem dan prosedur mitigasi bencana yang disiapkan di kawasan The Mandalika oleh ITDC. Kelengkapannya tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan mitigasi terpadu mengingat The Mandalika akan dibuka kembali untuk umum.

Di samping itu, wisatawan yang mengunjungi The Mandalika akan merasa lebih aman dan nyaman melaksanakan akitivitasnya. 

SUPRIYANTHO KHAFID


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT