5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Menata Furnitur di Rumah
TEMPO.CO | 04/07/2020 08:30
Penataan rumah yang rapi dengan rak penyimpanan ekstra di rumahCipete House karya  Inspiratio (Sumber: arsitag.com)
Penataan rumah yang rapi dengan rak penyimpanan ekstra di rumahCipete House karya Inspiratio (Sumber: arsitag.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Beberapa orang memilih akhir pekan menata kembali ruangan di rumah dengan mengubah jenis furnitur, warna atau posisinya. Dengan menata kembali ruangan tentu akan memberikan efek pada rumah dan penghuninya. Namun jangan sampai perubahan itu justru mengubah suasana rumah jadi tak nyaman.

Sebab itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih furnitur. Melansir laman Insider, beberapa desainer interior memberikan saran hal-hal yang harus dihindari saat memilih furnitur di rumah.

5 Kesalahan dalam Menata Rumah

1. Orang sering memilih karpet yang ukuran atau orientasinya salah

Di area umum seperti ruang tamu, karpet harus lebih lebar dari lebar furnitur Anda sehingga berfungsi sebagai alas. Di kamar tidur, harus tegak lurus dengan tempat tidur. "Ini seharusnya mengenai tempat tidur Anda seperti huruf 'T', tetapi mereka akan menjalankannya jauh-jauh dari tempat tidur, sebagai gantinya, sehingga itu tidak di bawah meja dan terlihat agak lucu," kata Caitlin Murray dari Black Lacquer Design.

2. Membeli furnitur demi menghasilkan tampilan yang serasi

Anda tidak ingin rumah Anda terlihat seperti ruang pamer furnitur. Tampilan eklektik menambah kepribadian. "Misalnya, saya tidak akan membeli rangka tempat tidur yang serasi dengan meja ujung, karena itu hanya akan membuat ruangan Anda terlihat seperti katalog," kata desainer interior Max Humphrey. "Kamar terbaik adalah kamar yang kelihatannya sudah dikumpulkan dari waktu ke waktu."

3. Rak terbuka

"Jika Anda akan memiliki penyimpanan terbuka, seperti rak atau nightstand yang memiliki basis terbuka, itu sangat, sangat penting untuk mempertimbangkan apa yang akan Anda pakai itu, karena itu menjadi desain Anda," kata Murray. Pastikan Anda menyertakan beragam aksesori yang tertata rapi dan perhatikan pengelompokan warna. Anda ingin campuran item yang berseni dan eklektik, bukan kekacauan.

4. Kamar tak cukup pencahayaan

Pencahayaan ekstra tidak hanya membuatnya lebih mudah dilihat - tetapi juga membantu ruang terasa lebih dinamis. "Kadang-kadang orang akan memiliki pencahayaan overhead dan mereka pikir itu sudah cukup, tapi saya suka lapisan pencahayaan," kata desainer interior Holly Hickey Moore. "Miliki pencahayaan ambient dari lampu lantai dan lampu meja Anda."

Baca juga: 7 Cara Menciptakan Rumah Ramah Anak Agar Aktif Belajar di Rumah

5. Ruangan tanpa aksesori dekoratif tidak terasa lengkap

Sentuhan styling kecil yang membuat ruang terlihat dan terasa lengkap. Jangan meremehkan betapa pentingnya aksesori. "Selalu menyenangkan membuat anggaran dan menyisakan sejumlah uang untuk seni dan aksesoris," kata Moore. "Itu sama pentingnya dengan perabot besar, permadani, TV, atau apa pun yang Anda inginkan di ruang Anda."


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT