Cegah Virus Corona, Jangan Lupa Bersihkan 3 Benda di Kamar Tidur
TEMPO.CO | 06/07/2020 20:45
Ilustrasi tempat tidur berantakan. Shutterstock
Ilustrasi tempat tidur berantakan. Shutterstock

TEMPO.CO, Jakarta - Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Annals of Internal Medicine, sebanyak 45 persen kasus virus corona mungkin tidak menunjukkan gejala. Meski demikian, mereka adalah orang yang paling mungkin menyebarkan virus. 

Karena tak bergejala, orang yang terinfeksi ini bisa menyebarkan virus di tempat aktivitas sehari-hari, termasuk di rumah. Itu sebabnya, Anda perlu mengetahui titik rawan Covid-19 di rumah sendiri, terutama jika Anda atau anggota keluarga merasa tertular virus.  

Selama ini bagian rumah yang sering jadi perhatian adalah benda-benda yang paling banyak dipegang, seperti gagang pintu, keran, wastafel, remote control, atau permukaan meja. Karena khawatir, benda-benda itu mungkin sering Anda disinfeksi. Tapi ada tiga benda di rumah yang sering terlewat, yaitu seprai, sarung bantal, dan bedrails.

Menurut penelitian yang dilakukan American Society for Microbiology, yang dimuat di jurnal mereka pada 24 Juni 2020, tiga benda di kamar tidur itu paling terkontaminasi di kamar pasien COVID-19 tanpa gejala di Cina. Hal yang mengejutkan, rupanya kamar-kamar itu dibersihkan dan didisinfeksi dua kali sehari.

Temuan ini berawal ketika dua mahasiswa Cina pulang ke negaranya setelah belajar di luar negeri. Mereka pun di karantina di kamar hotel selama 14 hari, meski tidak menunjukkan gejala apa pun. Setelah menjalani tes, mereka dinyatakan positif SARS-CoV-2 lalu dibawa ke tempat isolasi.

Petugas pun mengambil sampel dari beberapa area kamar mereka di hotel, termasuk bedrails, gagang pintu kamar dan toilet, sakelar lampu, tombol flush kaki, wastafel, bak cuci piring dan wastafel, meja samping tempat tidur, seprai, bantal, lantai, saluran udara, dan udara.

Para peneliti menemukan bahwa 44 dari 112 sampel permukaan positif SARS-Cov-2, termasuk tiga benda ini. Semua sampel udara negatif.

Temuan ini menunjukkan pentingnya mengganti seprai dan sarung bantal lebih sering selama masa pandemi, terutama jika seseorang yang tidak tinggal di rumah Anda datang untuk menginap. Tak ada salahnya untuk ekstrahati-hati, bukan?

TIMES OF INDIA

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT