Hubungan dengan Keluarga Pasangan Renggang, Lakukan 8 Hal Ini
TEMPO.CO | 07/07/2020 20:45
Ilustrasi makan bersama keluarga besar. shutterstock.com
Ilustrasi makan bersama keluarga besar. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Sebagian orang mengenal anggota keluarga pasangan dan mengembangkan hubungan yang baik dengan mereka mungkin jadi tantangan tersendiri. Sementara beberapa orang cukup beruntung memiliki ikatan yang baik dengan keluarga pasangan mereka.

Mereka mungkin tidak menyukai keluarga pasangan mereka karena alasan tertentu. Jika Anda termasuk di antara orang-orang itu, ada kalanya Anda mungkin merasa bahwa hubungan Anda sedang terpengaruh. Tentu saja pasangan Anda sangat menyayangi keluarganya. Meskipun pasangan  mungkin tidak mengatakan apa pun, dia ingin Anda memiliki hubungan yang baik dengan keluarganya.

Melansir laman Boldksy, ada beberapa tips yang harus dilakukan jika Anda tidak menyukai keluarganya

1. Bicarakan hal Ini dengan pasangan

Ini adalah salah satu hal paling penting yang perlu dilakukan, terutama ketika Anda tidak menyukai keluarganya. Beri tahu pasangan apa yang membuat Anda tidak menyukai mereka. Apakah kebiasaan mereka mengabaikan Anda atau karena mereka merasa Anda tidak cocok dengan pasangan. Apa pun itu, memberi tahu pasangan Anda hal yang sama akan menghilangkan kemungkinan kesalahpahaman.

2. Terlibat dalam beberapa kegiatan kreatif

Anda mungkin merasa sulit untuk menghabiskan waktu yang baik dengan mereka jika tidak menyukainya. Tetapi jika Anda ingin mengembangkan hubungan yang baik dengan keluarga pasangan, Anda dapat melibatkan diri dalam beberapa kegiatan kreatif. Misalnya mengatur acara piknik atau pertunjukan sirkus. Anda juga dapat mengunjungi mereka sekali atau dua kali sebulan. Untuk membuat diri Anda merasa nyaman, libatkan juga pasangan dalam apa pun yang Anda lakukan. Dengan cara ini Anda akan dapat bersenang-senang dengan mereka.

3. Tetapkan batasan

Misalnya, jika ibu pasangan Anda sesekali mencoba mengendalikan hubungan dan sering memaksakan keyakinan dan pendapatnya kepada Anda, maka Anda dapat memikirkan untuk menetapkan beberapa batasan. Biarkan mereka tahu apa saja masalah di mana Anda ingin mencari bantuan mereka. Juga, jika Anda merasa bahwa mereka mencampuri urusan Anda dan pasangan, maka Anda dapat membicarakan hal yang sama dengan keluarga pasangan.

4. Baik dan sopan terhadap mereka

Penting untuk dipahami bahwa Anda tidak akan pernah bisa memenangkan hati keluarga pasangan dengan kemarahan dan kebencian. Cara terbaik untuk memenangkan hati  mereka dan memiliki hubungan yang ramah dengan mereka adalah dengan bersikap baik dan sopan. Cobalah untuk berperilaku dengan lembut meskipun Anda tidak menyukainya sama sekali. Perilaku sopan dan baik hati akan membantu menumbuhkan kepercayaan mereka terhadap Anda. Selain itu, mereka mungkin melihat Anda sebagai orang baik.

5. Coba membiasakan diri dengan budaya dan tradisi keluarga

Salah satu alasan mengapa Anda dan keluarga pasangan tidak berhubungan baik adalah karena Anda tidak tertarik dengan budaya dan tradisi mereka. Karena itu, cobalah menunjukkan minat yang tulus pada budaya mereka. Anda dapat mencoba mempelajari bahasa mereka, preferensi makanan, dan lainnya. Dengan cara ini Anda tidak hanya akan mengesankan mereka tetapi juga akan menangkal negativitas antara Anda dan mereka.

6. Menghargai upaya mereka

Ini adalah hal lain yang dapat Anda lakukan untuk memastikan bahwa Anda berusaha sebaik mungkin untuk berhubungan baik dengan anggota keluarga pasangan. Meskipun Anda mungkin tidak menemukan mereka melakukan hal-hal baik untuk Anda, baik untuk menghargai kerja keras dan prestasi mereka. Biarkan mereka merasa bahwa Anda adalah orang yang positif dan mengakui kerja keras mereka. Dengan cara ini Anda juga akan mengesankan pasangan Anda dan keluarganya.

7. Memberi kejutan hadiah

Ini bisa menjadi hal lain yang dapat Anda lakukan ketika Anda tidak menyukai keluarga pasangan Anda. Untuk memastikan bahwa pasangan Anda merasa senang melihat Anda memiliki ikatan yang baik dengan keluarganya, Anda dapat mencoba untuk mengejutkan mereka dengan beberapa hadiah. Misalnya, Anda dapat membawa hadiah untuk orang tua pasangan pada hari ulang tahun mereka atau acara perayaan apa pun.

8. Hindari menjelek-jelekan keluarganya

Bahkan jika Anda tidak dapat membangun ikatan yang baik dengan keluarga pasangan, sebaiknya hindari menjelek-jelekkan mereka. Hal itu dapat mengganggu pasangan Anda dan dia mungkin berpikir bahwa Anda adalah orang jahat. Selain itu, ini dapat membuat perbedaan lebih lanjut antara Anda dan pasangan. Alih-alih berbicara di belakang mereka, Anda dapat langsung berbicara dengan pasangan tentang hal itu atau dengan anggota keluarganya.

 

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT