Ratusan Karyawan Kebun Binatang Gembira Loka Menjalani Rapid Test
TEMPO.CO | 11/07/2020 22:07
Karyawan Kebun Binatang Gembira Loka,Yogyakarta, menjalani rapid test sebelum buka kembali pada akhir Juli 2020. TEMPO | Pribadi Wicaksono
Karyawan Kebun Binatang Gembira Loka,Yogyakarta, menjalani rapid test sebelum buka kembali pada akhir Juli 2020. TEMPO | Pribadi Wicaksono

TEMPO.CO, Yogyakarta - Kebun Binatang Gembira Loka akan kembali menerima pengunjung pada akhir Juli 2020. Sebum beroperasi kembali, seluruh karyawan kebun binatang terbesar di Jawa Tengah - DI Yogyakarta, itu menjalani rapid test pada Sabtu, 11 Juli 2020.

"Lebih dari seratus karyawan mengikuti rapid test Covid-19," kata Manajer Pemasaran Gembira Loka Yosi Hermawan. Tes cepat Covid-19 ini, menurut dia, harus dilakukan karena para pegawai itu yang nantinya akan berinteraksi langsung dengan pengunjung.

Karyawan yang beriteraksi langsung dengan pengunjung, seperti bagian penjualan tiket, portir, satpam, petugas pencatat suhu tubuh, sampai petugas operasional wahana darat juga air. Rapid test dilakukan oleh petugas Puskesmas Umbulharjo I dan Kotagede II yang letaknya paling dekat dengan Kebun Binatang Gembira Loka.

Setelah menjalani rapid test, Yosi Hermawan mengatakan, karyawan yang masuk kategori aman akan dilibatkan dalam simulasi internal pelaksanaan protokol kesehatan. "Kami evaluasi agar karyawan terbiasa menjalankan tugas melayani pengunjung saat buka kembali," ujarnya.

Karyawan Kebun Binatang Gembira Loka,Yogyakarta, menjalani rapid test sebelum buka kembali pada akhir Juli 2020. TEMPO | Pribadi Wicaksono

Kebun Binatang Gembira Loka tutup sejak 22 Maret 2020 akibat wabah corona. Selama tidak beroperasi, pengelola telah mempersiapkan berbagai sarana untuk menjalankan protokol kesehatan di masa new normal ini. Saat buka kembali, pengelola Kebun Binatang Gembira Loka hanya membuka satu akses masuk keluar, yakni melalui pintu barat dari Jalan Veteran.

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, pemerintah menyediakan layanan test swab untuk 1.700 tenaga medis yang bertugas di sejumlah objek wisata. "Kami memastikan tenaga medis yang bertugas saat sektor wisata dan ekonomi mulai buka, semua aman, bersih dari paparan Covid-19," ujar Heroe yang juga Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta.

Wisatawan mulai datang ke objek wisata Taman Sari di Kota Yogyakarta. TEMPO | Pribadi Wicaksono

Mulai awal Juli 2020, sejumlah destinasi wisata di Kota Yogyakarta mulai beroperasi kembali. Objek wisata itu antara lain Taman Pintar, Taman Sari, dan sejumlah museum. Heroe menjelaskan, pembukaan destinasi wisata di Kota Yogyakarta dalam masa transisi ini perlu diiringi kesiapan layanan kesehatan seluruh wilayah. Setiap destinasi wisata yang buka harus berkoordinasi dengan layanan kesehatan terdekat.

Contoh, objek wisata Taman Sari berkoordinasi dengan Puskesmas di Kecamatan Keraton Yogyakarta. Adapun destinasi wisata Taman Pintar berkoordinasi dengan Puskesmas Kecamatan Gondomanan. Dengan adanya satgas covid di setiap objek wisata itu, Heroe menambahkan, setidaknya memberikan rasa aman kepada para pengunjung. "Dengan begitu, muncul kepercayaan."


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT