Tips Mengiris Bawang Tanpa Menangis seperti Sarah Sechan
TEMPO.CO | 16/07/2020 20:35
Ilustrasi bawang merah. shutterstock.com
Ilustrasi bawang merah. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Presenter Sarah Sechan mengunggah video sedang menangis di Instagram. Matanya yang basah tampak memerah. Dia mengeluarkan air mata bukan karena sedih, melainkan karena sedang mengupas bawang merah.

“Saya mau bikin sop buntut dan dia bikin saya nangis, guys. Bawang. Coba tolong gimana caranya kalau ngupas bawang tapi nggak sampe nangis gini,” kata dia sambil menunjukkan irisan bawang di talenan kayu, Kamis, 16 Juli 2020. 

Mengupas bawang merah atau bawang bombay sering membuat orang menangis seperti yang dialami Sarah Sechan. Dilansir dari Business Insider, hal itu disebabkan oleh kandungan sulfoksidanya. Ketika bawang diiris, bawang akan mengeluarkan enzim lachrymatory-factor synthase yang mengubah sulfoksida menjadi asam. Secara alami, ujung saraf di kornea mata kita merasakan potensi bahaya asam dan akhirnya mengeluarkan air mata.

Tapi, ada beberapa trik agar Anda tak perlu mengeluarkan air mata saat mengupas bawang.

1. Gunakan pisau tajam

Enzim bawang dilepaskan ketika dihancurkan. Karena itu, Anda dapat menghindari pelepasan ini dengan mengirisnya menggunakan pisau tajam.

2. Masukkan ke kulkas

Bawang yang didinginkan tidak akan mempengaruhi rasanya, tetapi akan mengurangi jumlah enzim asam yang dilepaskan ke udara. Ingat, cuma didinginkan bukan dibekukan. Bawang yang beku sering kali lembek saat mencair.

3. Bernapas melalui mulut

Dengan bernapas melalui mulut sambil menjulurkan lidah, asam akan melalui lidah Anda sehingga tidak sampai ke saraf di mata.

4. Iris di bawah ventilasi

Memotong bawang merah di bawah lubang ventilasi, seperti yang terpasang di atas kompor, akan menyedot asam di udara sehingga tidak mengenai mata.

5. Sambil makan permen karet

Efek dingin permen karet seharusnya menangkal sensasi terbakar, ditambah lagi memaksa Anda untuk bernapas melalui mulut. 

6. Air lemon 

Air lemon tak hanya menghilangkan bau dan membunuh bakteri, tapi juga bisa meredam sulfoksida yang dilepaskan ke udara. Oleskan air lemon di pisau, ulangi beberapa kali selama mengiris bawang. 

BUSINESS INSIDER | THE DAILY MEAL | REAL SIMPLE



 

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT