Wakatobi Masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2020
TEMPO.CO | 08/08/2020 18:52
`Schooling` ikan GT tampak di titik selam Wandoka Pinnacle, Pulau Wangi-Wangi, Taman Nasional Sulawesi Tenggara, 21 September 2017. Wakatobi juga menjadi prioritas tertinggi dalam hal konservasi laut. ANTARAFOTO/Rosa Panggabean
`Schooling` ikan GT tampak di titik selam Wandoka Pinnacle, Pulau Wangi-Wangi, Taman Nasional Sulawesi Tenggara, 21 September 2017. Wakatobi juga menjadi prioritas tertinggi dalam hal konservasi laut. ANTARAFOTO/Rosa Panggabean

TEMPO.CO, Jakarta - Wisata Wakatobi di Sulawesi Tenggara masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia atau API kategori Branding Pariwisata Terpopuler 2020.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Wakatobi, Nadar mengatakan Kementerian Pariwisata memberikan kesempatan bagi daerah pemilik destinasi wisata untuk melakukan promosi sesuai kategori dan nominasi. "Kementerian Pariwisata melalui program jalan-jalan memberi ruang bagi daerah pemilik destinasi pariwisata untuk berpromosi sesuai kategori," kata Nadar di Kendari, Sabtu 8 Agustus 2020.

Pariwisata Wakatobi masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia atau API 2020 dengan branding 'Wakatobi World Marine Heritage'. Wakatobi bersaing dengan beberapa branding pariwisata daerah lain di Indonesia. Di antaranya City of Music Kota Ambon Maluku, Explore Jambi, Kaltim Paradise of The East, Riau The Homeland of Melayu, Bali The Island of Gods, Sleman The Living Culture, Lampung The Treasure of Sumatera, Wonder Riau Islands dari Kepulauan Riau, dan Authentic Minangkabau kategori Brand Pariwisata dari Tanah Datar.

Pariwisata Wakatobi masuk Nominasi API 2020 dengan branding Wakatobi World Marine Heritage.

Branding pariwisata Wakatobi World Marine Heritage, menurut Nadar, menjadi identitas pariwisata daerah yang menggambarkan kekuatan destinasi wisata serta faktor pembeda yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Dalam siluet branding Wakatobi Marine Heritage terdapat simbol tari Lariangi, perahu, terumbu karang, dan kaki katak untuk menyelam. Semua simbol itu menggambarkan kebudayaan dan kekuatan Wakatobi sebagai kabupaten maritim.

Nadar berharap masuknya branding pariwisata Wakatobi World Marine Heritage sebagai nominator API 2020 akan meningkatka nilai promosi pariwisata Wakatobi. Dia berharap masyarakat mendukung branding pariwisata Wakatobi World Marine Heritage pada ajang nominasi API 2020 dengan mengikuti voting melalui pesan singkat atau SMS dengan mengetik API 4J ke 99386.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT