Sering Merasa Lapar saat Tidak Olahraga, Ternyata Ini Penyebabnya
TEMPO.CO | 08/08/2020 21:05
Ilustrasi wanita makan di tempat tidur. Freepik.com/Bearfotos
Ilustrasi wanita makan di tempat tidur. Freepik.com/Bearfotos

TEMPO.CO, Jakarta - Olahraga membantu Anda menjaga pola makan sehat dengan porsi yang lebih sedikit. Tapi ketika Anda melewatkan latihan, selera makan Anda bisa berubah. Jika biasanya makan protein tanpa lemak dan salad, saat melewatkan olahraga Anda bisa ngidam makanan tidak sehat seperti pizza dan kentang goreng. 

Pernahkah Anda penasaran, kenapa sering tergoda makanan jika tidak olahraga? Ternyata ada kaitannya dengan kerja hormon.

1. Pengaruh hormon
Saat Anda berolahraga, hormon dalam tubuh memicu pelepasan glikogen dan mengatur produksi glukosa dari hati. Perubahan tingkat hormon ini bisa menurunkan nafsu makan. Anda mungkin tidak merasa lapar lebih lama setelah melakukan olahraga intensitas tinggi. Namun, ketika kadar gula darah mulai turun, tubuh Anda mungkin membutuhkan makanan untuk mendapatkan energi kembali.

2. Pemulihan otot
Sebaliknya, ketika Anda melewatkan sesi olahraga dalam sehari, Anda jadi mudah lapar. Penyebabnya adalah peningkatan laju metabolisme tubuh selama sekitar 36 jam setelah melakukan latihan. Selama waktu ini, tubuh mencoba memulihkan otot yang tegang dan pertumbuhan otot terjadi. Semua proses ini membutuhkan nutrisi lebih banyak dari biasanya.

3. Tubuh kurang nutrisi sebelum olahraga
Penyebab lainnya adalah tubuh membutuhkan sejumlah kalori tertentu setiap hari untuk menjalankan fungsi dasarnya. Jika tidak mengonsumsi kalori dalam jumlah yang cukup sebelum dan setelah sesi olahraga, Anda akan merasa lapar nanti setelahnya.

4. Kurang hidrasi
Selain diet makanan dengan gizi seimbang, Anda juga perlu memperhatikan asupan air. Rasa lapar bisa jadi pertanda dehidrasi. Otot juga membutuhkan air selama fase pemulihan. Jadi, wajib mengonsumsi setidaknya 2-3 liter air setiap hari.

Baca: Mana yang Lebih Baik, Makan Sebelum atau Sesudah Olahraga?

5. Terinspirasi untuk makan sehat setelah berolahraga
Tidak hanya tubuh, tetapi pikiran Anda juga memanipulasi untuk makan lebih banyak pada hari-hari istirahat. Setelah berolahraga umumnya orang akan merasa termotivasi untuk makan makanan sehat. Namun, ketika tidak berolahraga, Anda ngidam lebih banyak makanan yang tidak sehat.

Jika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, menuruti keinginan makan saat tidak olahraga jadi dilema. Untuk menghindari situasi ini, makanlah sesuai kebutuhan sebelum dan sesudah olahraga, minum air dalam jumlah yang cukup untuk menjaga tingkat cairan dalam tubuh, rencanakan makan siang Anda dengan hati-hati, serta buat jadwal cheating day saat tidak olahraga.

TIMES OF INDIA 

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT