Bella Hadid Kritik Polisi yang Tak Pakai Masker di Tempat Umum
TEMPO.CO | 09/08/2020 07:01
Model Bella Hadid berpose di atas catwalk saat memperagakan busana desainer Vivienne Westwood dan Andreas Kronthaler dalam acara Paris Fashion Week di Paris, Prancis, 29 Februari 2020. REUTERS/Piroschka van de Wouw
Model Bella Hadid berpose di atas catwalk saat memperagakan busana desainer Vivienne Westwood dan Andreas Kronthaler dalam acara Paris Fashion Week di Paris, Prancis, 29 Februari 2020. REUTERS/Piroschka van de Wouw

TEMPO.CO, Jakarta - Supermodel Bella Hadid mengajak pengikutnya di media sosial untuk mengenakan masker untuk keluar rumah. Dia juga mengkritik para polisi New York yang tidak mengenakan masker saat berkumpul. 

Ajakan itu dia sampaikan melalui unggahan foto di Instagram pada Sabtu, 8 Agustus 2020. Selain melindungi diri sendiri, masker juga berguna untuk melindungi orang lain dari penularan virus terutama penyebab Covid-19

Adik Gigi Hadid itu mengunggah dua fotonya saat berpose di depan Gedung Balai Kota New York. Bella mengenakan kemeja hitam dan celana hitam, serta sepasang boots kulit berwarna senada. Mulut dan hidungnya ditutupi dengan masker kain berwarna hitam.

Dia berdiri di depan beberapa polisi yang berdiri di pinggir jalan tanpa mengenakan masker. Di salah satu foto dia tampak mengacungkan jari tengahnya.

“#WEARAMASK kita memakai masker tidak hanya untuk melindungi diri sendiri, tetapi untuk melindungi orang yang kita cintai dan komunitas kita. Bahkan jika kepolisian lokal Anda tidak memakainya, bukan berarti Anda tidak perlu ...... jadi ... kenakan masker,” kata dia di keterangan foto.

Dia mengatakan bahwa masker tak merusak penampilan karena tersedia beragam jenis dan warna masker untuk disesuaikan dengan pakaian.

“Itu lucu dan keren. Masker bahkan memiliki warna yang berbeda sekarang sehingga Anda dapat melindungi dan tetap tampil modis. Jadilah cerdas,” tulis dia.


Foto ini sebelumnya diunggah Bella di Instagram Story. Dia menuliskan kritiknya terhadap para polisi yang tidak mengenakan masker itu. “Kalian terlihat konyol,” tulis dia.

Di foto lain, dia me-mention akun kantor kepolisian New York untuk mengingatkan para personelnya mengenakan masker. "Hai @nypd, masker adalah untuk keselamatan kita semua, bukan hanya kami ... :)"

Gigi Hadid bukan orang pertama mengeluh tentang pelanggaran pedoman kesehatan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang dilakukan oleh Kepolisian New York. Sebelumnya, Gubernur New York Andrew Cuomo dan Walikota Kota New York Bill de Blasio telah memohon kepada NYPD untuk mengikuti peraturan pemakaian masker.

Pengunjuk rasa Black Lives Matter, juga, mengecam kehadiran NYPD yang biasanya tanpa topeng di demonstrasi publik.

Karena sering ada pelanggaran, kini ada proyek baru bernama NYPD Mask Watch yang menggunakan data science, foto, dan video untuk mendapatkan nama-nama petugas yang tidak mengenakan masker di depan umum.

"Jika kita meminta semua orang untuk mengikuti aturan, menjaga jarak, memakai masker untuk melindungi semua, Anda harus melakukannya juga," kata de Blasio pada Juni 2020, seperti dikutip Harper's Bazaar. 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT