Waspada, Sepatu Hak Tinggi Bisa Ganggu Kesehatan Tulang Belakang
TEMPO.CO | 12/08/2020 07:37
Sejumlah gay mengikuti lomba lari selama peringatan World Pride di Madrid, Spanyol, 29 Juni 2017. Kaum Gay di Madrid merayakan World Pride dengan menggelar lomba lari menggunakan high heels atau sepatu hak tinggi. AP Photo/Paul White
Sejumlah gay mengikuti lomba lari selama peringatan World Pride di Madrid, Spanyol, 29 Juni 2017. Kaum Gay di Madrid merayakan World Pride dengan menggelar lomba lari menggunakan high heels atau sepatu hak tinggi. AP Photo/Paul White

TEMPO.CO, JakartaSepatu hak tinggi bisa menambah keanggunan dan keindahan tubuh, tetapi juga mengganggu kesehatan tubuh perempuan. Eric Baskin, ahli penyakit kaki di Southern Ocean Medical Center mengungkapkan agar industri fashion bisa menghentikan penggunaan sepatu hak tinggi. Sebab sepatu ini, tidak hanya menyebabkan rasa sakit di kaki dan pergelangan kaki Anda, tetapi juga dapat membahayakan lutut, pinggul, dan tulang belakang Anda.

Dikutip dari Hackensack Meridian Health, Senin 10 Agustus 2020, sepatu hak tinggi menggeser berat badan Anda ke depan, jari-jari jari kaki Anda bertanggung jawab untuk menyerap semua beban tubuh Anda saat berjalan atau berdiri. Hal ini dapat menyebabkan bunion, hammer toes, kapalan dan nyeri di seluruh kaki. “Sepatu hak tinggi menciptakan gelombang kejut di seluruh tubuh Anda, mulai dari kaki Anda dan menjalar ke tulang belakang Anda. High Heel bisa menyebabkan radang sendi di tulang belakang," kata dia Senin 10 Agustus 2020.

Penggunaan sepatu hak tinggi dalam jangka panjang dapat menyebabkan masalah lain: tendon Achilles yang memendek. Tendon Achilles yang ketat terkait dengan plantar fasciitis dan tendonitis Achilles. Sepatu hak tinggi juga dapat memperburuk kelainan bentuk yang disebut Haglund, yang merupakan pembesaran tulang di bagian belakang tumit yang biasanya disebut sebagai "pompa benjolan."

Bagaimana meredakan nyeri usai menggunakan sepatu hak tinggi?

Jika Anda bersikeras tetap menggunakan hak tinggi demi kecantikan dan rela sedikit penderitaan, inilah yang dapat Anda lakukan untuk membantu kaki Anda yang sakit.

Baskin merekomendasikan peregangan tendon Achilles Anda dua kali sehari sebelum Anda mengenakan sepatu hak dan setelahnya selama 15 menit setiap kali. “Tidak ada yang rumit tentang peregangan ini,” katanya. Itu sama dengan yang mungkin Anda pelajari di kelas olahraga saat kecil.

- Letakkan kedua tangan di dinding di depan Anda
- Posisikan satu kaki ke belakang dan tekan tumit Anda ke lantai.
- Tekuk sedikit pada lutut berdiri Anda, dan tahan selama satu atau dua menit.

Anda juga perlu membatasi jumlah waktu Anda mengenakan sepatu hak. "Kenakan di tempat kerja atau acara sosial, tetapi tidak setiap saat," kata Baskin. "Dan kapan pun Anda bisa, kenakan sepatu kets," katanya

Pada akhir hari yang panjang dengan sepatu hak, rendam kaki Anda dalam bak mandi garam Epsom hangat untuk mengendurkan otot-otot di kaki Anda dan meningkatkan sirkulasi. Ini juga terasa enak. “Sejujurnya saya tidak pernah memiliki pasien yang mengatakan bahwa rendam garam Epsom tidak membuat mereka merasa lebih baik,” kata Baskin.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT