Bangun Tidur Pagi Hari, Ini Hal yang Sebaiknya Dilakukan Menurut Psikolog
TEMPO.CO | 13/08/2020 06:39
Ilustrasi wanita ngulet di tempat tidur atau bangun tidur.  shutterstock.com
Ilustrasi wanita ngulet di tempat tidur atau bangun tidur. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Siapa pun ingin memulai pagi kita dengan cara terbaik. Ada yang suka memulainya dengan meditasi, ada yang berolahraga, atau menyiapkan sarapan sehat.

Namun, sebelum melakukan semua itu, ada hal yang sebaiknya Anda lakukan begitu membuka mata dari tidur sepanjang malam. Luangkan sedikit waktu sebelum menjejakkan kaki di lantai untuk melakukan peregangan di tempat tidur. Peregangan setiap pagi adalah hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk awal yang baru.

Hal itu dikatakan psikolog Harvard, Amy Cuddy. Dia adalah Presence: Bringing Your Boldest Self to Your Biggest Challenges, sebuah buku tentang cara-cara yang halus namun kuat agar postur tubuh kita dapat memengaruhi pikiran dan emosi. 

Peregangan tubuh tidak hanya menarik dan mengangkat bahu, tetapi juga melakukan ekspansi besar-besaran ke seluruh tubuh.

“Orang yang bangun tidur seperti ini sangat bahagia,” kata dia.

Menurut dia, peregangan kekuatan tubuh memanipulasi otak untuk berpikir bahwa Anda lebih percaya diri daripada yang sebenarnya. Meregangkan tubuh dan membuatnya tampak besar meniru posisi orang yang kuat, yang membuat Anda merasa lebih berani sepanjang hari.

Menurut penelitian, ketika Anda berpura-pura menjadi kuat maka Anda benar-benar akan merasa kuat.

Di sisi lain, orang yang tidur dengan posisi meringkuk seperti janin merasa sebaliknya. Orang-orang ini lebih cenderung merasa tidak pasti dan cemas ketika bangun. Sekitar 40 persen orang tidur dengan posisi ini.

"Jika Anda tidur seperti janin, kami memiliki beberapa bukti awal bahwa orang yang bangun seperti itu jauh lebih stres,” kata dia. 

Jadi jangan lupa lakukan peregangan besar itu saat bangun pagi.

TIMES OF INDIA | BUSINESS INSIDER 

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT