7 Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat, Pakai Uap Hangat hingga Pelembap Udara
TEMPO.CO | 13/08/2020 07:30
Ilustrasi wanita flu. shutterstock.com
Ilustrasi wanita flu. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Hidung tersumbat tak hanya disebabkan oleh ingus atau lender di dalam hidung, tapi juga peradangan pembuluh darah di sinus. Kondisi ini terjadi saat Anda mengalami flu, alergi, pilek, atau infeksi sinus. Bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat yang paling efektif?

Dari pakai uap hangat hingga memasang pelembap udara, berikut beberapa cara mengatasi hidung tersumbat agar aktivitas sehari-hari menjadi normal kembali.

1. Menghirup uap hangat bawang putih

Bawang putih dipercaya mengandung antibakteri dan antijamur yang berguna untuk banyak hal, salah satunya mengatasi hidung tersumbat. Potong beberapa siung bawang putih menjadi bagian kecil, kemudian letakkan di dalam panci berisi air dan panaskan. Setelah itu, hiruplah uap serta aroma bawang putih itu.

2. Menggunakan kompres hangat

Tempelkan kompres hangat di dahi dan di atas hidung untuk mengatasi hidung tersumbat. Rasa hangat yang diberikan kompres bisa menenangkan nyeri dan meredakan peradangan di lubang hidung.

3. Memasang pelembap udara

Alat pelembap udara atau humidifier mengubah air menjadi uap, yang bisa melembapkan ruangan. Menghirup udara yang lembap ini bisa menenangkan iritasi pada jaringan dan pembuluh darah yang bengkak. Alat ini juga bisa mengurangi jumlah lendir di dalam hidung sehingga pernapasan menjadi normal.

4. Mandi air hangat

Uap dari kucuran air hangat saat mandi bisa menipiskan lendir yang ada di dalam hidung. Itulah sebabnya, mandi air hangat bisa membuat pernapasan Anda menjadi normal lagi.

5. Minum air

Minum air putih secara teratur memungkinkan ingus di saluran hidung keluar sehingga mengurangi tekanan pada sinus. Saat sinus tak lagi tertekan maka iritasi dan peradangan akan hilang. Jika hidung tersumbat terjadi bersamaan dengan sakit tenggorokan, konsumsi teh hangat atau sup, bisa membantu mengurangi ketidaknyamanan yang muncul.

6. Membuang ingus

Orang yang sedang mengalami hidung tersumbat cenderung menghirup ingus yang ada di hidung. Padahal, membuang ingus bisa berdampak lebih baik untuk mengatasi hidung tersumbat.

Tapi jangan sembarangan membuang ingus, jangan dengan tekanan yang kencang karena itu dapat mengantarkan dahak pembawa kuman ke saluran telinga. Tutuplah salah satu lubang hidung Anda, kemudian buang ingus di bagian lubang hidung yang tidak tertutup.

7. Menggunakan ekstra bantal saat tidur

Ketika hidung tersumbat saat tidur, tambahkan 1-2 bantal ekstra untuk menopang kepala. Hal ini dilakukan agar ingus bisa keluar dari lubang hidung Anda, sehingga pernapasan kembali normal.

SEHATQ


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT