Kamala Harris dan Joe Biden Tampil Kompak Pakai Jas Biru di Delaware
TEMPO.CO | 13/08/2020 20:45
Kandidat presiden dari Partai Demokrat Joe Biden, istrinya Jill Biden, berpose menjaga jarak setelah acara kampanye bersama calon wakil presiden Senator Kamala Harris dan suaminya Douglas Emhoff di Wilmington, Delaware, AS, 12 Agustus 2020. Kamala merupak
Kandidat presiden dari Partai Demokrat Joe Biden, istrinya Jill Biden, berpose menjaga jarak setelah acara kampanye bersama calon wakil presiden Senator Kamala Harris dan suaminya Douglas Emhoff di Wilmington, Delaware, AS, 12 Agustus 2020. Kamala merupakan perempuan kulit hitam pertama yang menduduki posisi calon wakil presiden. REUTERS/Carlos Barria

TEMPO.CO, Jakarta - Mantan wakil presiden Joe Biden dan Senator Kamala Harris secara resmi tampil pertama kali sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden Amerika Serikat, saat kampanye di wakil presiden di Delaware, Rabu 12 Agustus 2020. Keduanya memperkenalkan tiket presiden mereka selama konferensi pers dengan mengenakan pakaian yang sangat mirip satu sama lain.

Dalam kesempatan tersebut, Kamala Harris menukar sneakers andalannya dengan sepasang sepatu pump berwarna nude dan setelan jas biru. Dia melengkapi penampilannya dengan anting dan kalung mutiara. Sedangkan Joe Biden memilih setelan jas biru tua, dasi biru muda, dan sepatu bertali. Keduanya masuk dengan memakai masker wajah.

“Saya sangat tersanjung dengan tanggung jawab ini dan saya siap untuk mulai bekerja,” kata Harris saat tampil di Alexis Dupont High School di Wilmington, Delaware.

Sebelumnya, calon presiden dari Partai Demokrat Biden mengumumkan bahwa ia telah memilih Harris sebagai cawapres, menandai pertama kalinya seorang wanita kulit berwarna diwakili dalam tiket presiden partai besar.

Selama pidatonya, Harris berbicara tentang para wanita yang memimpin di hadapannya. Dia berkata, "Saya sangat memperhatikan semua wanita heroik dan ambisius sebelum saya, yang pengorbanan, tekad, dan ketahanannya membuat kehadiran saya di sini hari ini bahkan mungkin terjadi."

Kamala Harris membahas ketidakadilan rasial yang dihadapi AS, kurangnya kepemimpinan Presiden Trump di tengah krisis virus corona serta meningkatnya pengangguran baru-baru ini. "Kami memiliki presiden yang lebih peduli pada dirinya sendiri daripada orang yang terpilih," katanya. “[Tapi] pemilu ini bukan hanya tentang mengalahkan Donald Trump dan Mike Pence. Ini tentang membangun kembali negara ini dengan lebih baik. "

Meskipun pilihan fashion Kamala Harris bukan prioritas utama, pilihan alas kakinya penting karena ia adalah salah satu orang pertama yang mengenakan sepatu kets di jalur kampanye. Saat mantan jaksa dan Senator AS itu mulai berkampanye sebagai calon presiden dari Partai Demokrat pada 2019, ia kerap memilih sepatu kets.

“Terlepas dari banyak kemajuan perempuan dalam politik selama beberapa tahun terakhir - terutama pada pemilu paruh waktu 2018 - harapan untuk menyesuaikan diri dengan tradisional, dan terkadang ketinggalan zaman, kode berpakaian masih ada,” tulis Style Director FN Shannon Adducci. Itulah yang membuat sepatu kets Harris begitu simbolis.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT