Arti Tanggal Kedaluwarsa pada Kemasan Makanan, Best Before hingga Pack Date
TEMPO.CO | 18/08/2020 05:50
Ilustrasi makanan kemasan. Shutterstock
Ilustrasi makanan kemasan. Shutterstock

TEMPO.CO, Jakarta - Makanan dalam kemasan umumnya memiliki keterangan tanggal kedaluwarsa. Istilah yang digunakan banyak. Selain “expired date”, ada juga “baik digunakan sebelum”, “digunakan sebelum”, atau “tanggal dikemas”. Kenali arti di balik istilah tersebut sehingga Anda dapat menggunakan makanan dengan lebih bijak.

Tanggal yang tertera di kemasan bukan berarti makanan tersebut tidak lagi aman dikonsumsi. Ada yang masih dapat dikonsumsi tapi kualitasnya tak lagi sebaiknya ketika berada di rentang sebelum tanggal yang tertera.

Untuk mengetahuinya, kenali makna ragam istilah umum tanggal kedaluwarsa yang digunakan pada kemasan makanan berikut ini.

1. “Baik digunakan sebelum” atau “best before”

Tanggal ini menunjukkan batas suatu produk masih terjamin kualitasnya, seperti rasa produk masih dalam kondisi terbaik. Setelah tanggal ini, maka kualitas produk akan menurun.

Meski demikian, tidak berarti produk tersebut berbahaya jika dimakan. Umumnya makanan masih aman dikonsumsi selama kemasan masih utuh.

2. “Tanggal masuk toko” atau “sell by date”

Tanggal ini ditujukan untuk toko sebagai durasi mereka dapat memajang produk di etalase. Ini karena pelanggan disarankan untuk membeli produk sebelum expired date sehingga tanggal ini menjadi patokan bagi toko untuk menarik produknya dari rak-rak etalase.

Setelah lewat tanggal ini, makanan sudah tidak lagi dalam kualitas terbaiknya. Kualitas makanan seperti kesegaran dan rasanya mungkin berkurang. Meski demikian, sebagian makanan masih aman dimakan meski telah melewatinya.

3. “Gunakan sebelum” atau “use by atau expired date”

Tanggal ini menunjukkan batas suatu produk untuk dikonsumsi. Lebih dari tanggal ini maka  kualitas dan kandungan produk tersebut menurun dan dapat menyebabkan risiko kesehatan.

Tanggal ini biasa dicantumkan pada produk-produk yang mudah rusak dalam penyimpanan jangka panjang, misalnya daging dan beberapa jenis keju.

4. “Tanggal dikemas” atau “pack date”

Tanggal ini menunjukkan waktu saat produk dikemas, baik oleh produsen maupun pengecer. Bentuknya bisa berupa tanggal (tanggal-bulan-tahun) atau kode tertentu sehingga mungkin membingungkan. Tanggal ini dapat digunakan untuk penarikan makanan.

SEHATQ


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT