Gel Lidah Buaya Murni Hingga Kombinasi Lemon Ampuh Mengatasi Jerawat
TEMPO.CO | 20/08/2020 07:29
Gel lidah buaya (Pixabay.com)
Gel lidah buaya (Pixabay.com)

TEMPO.CO, JakartaJerawat tidak hanya menyerang remaja, tapi juga beberapa orang dewasa. Jika Anda tidak menghadapi jerawat di usia remaja, masih ada kemungkinan Anda melawan kondisi kulit ini saat dewasa. Selain dengan obat jerawat topikal, Anda juga dapat mengobati jerawat dengan bahan alami seperti lidah buaya.

Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit termasuk menghilangkan jerawat. Antioksidan kuat seperti vitamin A, C dan E dalam lidah buaya dapat melawan radikal bebas untuk mengembalikan kesehatan kulit Anda. Asam salisilat yang ada dalam lidah buaya memberikan sifat antibakteri dan anti-inflamasi padanya. Dengan demikian, ini membantu melawan bakteri penyebab jerawat dan menenangkan kulit yang meradang dan teriritasi.

Lidah buaya juga meningkatkan produksi kolagen di kulit, meningkatkan elastisitas kulit, dan membantu penyembuhan kulit lebih cepat. Selain itu lidah buaya juga dilaporkan melindungi kulit dari sinar UV matahari yang berbahaya. Lidah buaya tidak hanya meningkatkan integritas kulit untuk mengurangi munculnya kerutan, tetapi juga memiliki efek anti-jerawat yang cukup jelas. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014, para peneliti menyimpulkan bahwa kombinasi gel lidah buaya 50 persen dan retinoid topikal (0,05%) merupakan pengobatan yang cukup efektif untuk jerawat ringan hingga sedang.

Melansir laman Boldsky berikut ini cara memanfaatkan jerawat

1. Gel murni lidah buaya

Perawatan dengan gel lidah buaya adalah semua yang Anda butuhkan untuk jerawat yang masih menggelembung. Segera setelah Anda melihat semburan gejala jerawat, lanjutkan dengan pengobatan cepat ini.

Anda membutukan gel lidah buaya murni secukupnya. Untuk mendapatkan gel lidah buaya murni, potong kedua sudut daun lidah buaya dan iris di tengahnya. Lalu keluarkan ekstrak gel lidah buaya dan kumpulkan dalam mangkuk. Cuci muka dan keringkan. Oleskan gel lidah buaya murni pada area yang terkena. Biarkan semalaman. Cuci bersih di pagi hari.

2. Lidah buaya dan madu

Karena sifat antibakteri dan antiradangnya, madu terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Anda membutuhkan 1 sendok makan gel lidah buaya dan 1 sendok makan madu. Campur kedua bahan dalam mangkuk. Oleskan campuran tersebut di wajah Anda. Biarkan selama 10-15 menit lalu bilas bersih.

3. Lidah buaya dan kunyit

Kunyit adalah rempah-rempah yang terkenal memiliki sifat antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, dan antiseptik. Selain itu juga mengandung komponen aktif, kurkumin yang membatasi bakteri penyebab jerawat dan membantu menghilangkan jerawat. Bahan yang Anda butuhkan setengah sendok makan gel lidah buaya dan sejumput kunyit bubu, lalu campur kedua bahan sampai menjadi pasta yang halus. Oleskan pasta di area yang berjerawat. Biarkan selama 15-20 menit dan cuci bersih nanti.

4. Perasan lidah buaya dan Lemon

Buah jeruk, lemon kaya akan vitamin C, flavonoid, dan nutrisi penting, yang semuanya sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit kita. Lemon juga memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang kuat yang membantu mengurangi jerawat. Anda membutuhkan 2 sendok makan lidah buaya dan ¼ sendok makan jus lemon. Campur kedua bahan dalam mangkuk, lalu oleskan campuran tersebut pada area yang terkena. Biarkan selama 5-10 menit. Bilas seluruhnya nanti.

5. Lidah buaya, kayu manis dan madu

Madu dan kayu manis memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Kombinasi dari bahan-bahan yang ampuh ini bekerja sangat baik melawan bakteri penyebab jerawat dan juga meredakan nyeri dan peradangan yang disebabkan oleh jerawat. Penelitian menunjukkan bahwa kayu manis efektif untuk mengatasi jerawat ringan hingga sedang. Anda membutuhkan 1 sendok makan gel lidah buaya, 4 sendok makan madu dan ½ bubuk kayu manis. Campur gel lidah buaya dan madu lebih dulu, lalu tambahkan kayu manis. Oleskan pasta di area yang berjerawat. Biarkan selama 10 menit. Cuci bersih nanti.

6. Lidah buaya dan minyak almond

Minyak almond memiliki sifat emolien dan sklerosan yang melembabkan dan menenangkan kulit. Ini membantu menjaga kulit tetap lembut dan halus. Anda membutuhkan 1 sendok makan gel lidah buaya dan 4-5 tetes minyak almond. Campurkan minyak almond dan gel lidah buaya, oleskan pada area yang berjerawat, biarkan selama 5-10 menit dan bilas bersih nanti.

7. Lidah buaya, mentimun dan air mawar

Timun memiliki kekuatan untuk menenangkan kulit dan mengurangi rasa sakit atau peradangan. Air mawar kaya kaya vitamin C dan fenol, serta berperan sebagai toner untuk menjaga kebersihan pori-pori kulit sehingga mengurangi jerawat. Anda membutuhkan 1 sendok teh lidah buaya, 1 sendok teh jus mentimun, dan 1 sendok teh air mawar. Campur semua bahan lalu gunakan bola kapas untuk mengoleskan pada area yang berjerawat. Biarkan sampai mengering. Bilas seluruhnya nanti.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT