Sembuh dari Covid-19, Ini 4 Hal yang Wajib Dilakukan agar Tak Terular Lagi
TEMPO.CO | 25/09/2020 18:17
Ilustrasi perawatan pasien Covid-19. REUTERS
Ilustrasi perawatan pasien Covid-19. REUTERS

TEMPO.CO, Jakarta - Jumlah pasien sembuh dari Covid-19 di Indonesia kian meningkat. Berdasarkan data per 24 September 2020, sebanyak 3.895 orang telah dinyatakan negatif virus corona, menambah jumlah total orang sehat setelah terpapar, yakni 191.853 orang.

Berbicara tentang orang-orang yang sudah bebas dari virus SARS-CoV-2, berbagai hal pun tetap harus dilakukan untuk mencegah risiko tertular kembali. Terkait hal tersebut, situs Healthline dan Boldsky membagikan beberapa tips.

Tetap terapkan protokol kesehatan
Berbagai studi telah menunjukkan orang yang telah terjangkit virus corona juga memiliki risiko yang sama untuk tertular kembali. Oleh karena itu, sangat diimbau untuk tetap taat pada protokol kesehatan, termasuk menggunakan masker saat bepergian, selalu menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan.

Perhatikan tanda dan gejala infeksi Covid-19
Sebagai mantan pasien Covid-19, Anda tentu akan lebih peka dengan berbagai gejala dan tanda dari orang yang terjangkit virus corona. Ini termasuk demam, batuk kering, dan sesak napas. Jika hal tersebut kembali menimpa, bisa jadi itu adalah indikasi tubuh belum pulih sepenuhnya. Segera beritahu dokter untuk peninjauan kembali.

Menghemat energi
Pemulihan dari penyakit apapun tidaklah mudah. Bahkan, untuk penyakit yang parah seperti Covid-19 tentu tidak akan berjalan cepat. Tak heran, para pakar kesehatan menyarankan agar menghemat energi sebanyak mungkin dan menunda tugas yang membutuhkan tenaga fisik supaya tubuh benar-benar lekas normal.

Jaga kesehatan mental
Infeksi virus corona tidak hanya mempengaruhi kesehatan fisik tetapi juga mental. Pasalnya, laporan menunjukkan mereka yang pulih dari Covid-19 justru banyak berjuang secara mental untuk mengatasi reaksi stres akut atau gangguan stres pascatrauma (PTSD).

Kita tahu masalah mental dapat menurunkan sistem imun tubuh yang pada akhirnya meningkatkan risiko terjangkit Covid-19 kembali. Untuk itu, disarankan untuk senantiasa meningkatkan suasana hati dengan berbagai kegiatan, seperti berkomunikasi dengan keluarga dan orang yang dicintai secara teratur lewat telepon, panggilan video, atau media sosial, berlatih meditasi, atau mengonsumsi makanan sehat.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT