Sudahkah Anda Menemukan Cinta Sejati? Cek 12 Tanda Berikut
TEMPO.CO | 25/09/2020 20:37
Ilustrasi pasangan. Freepik.com
Ilustrasi pasangan. Freepik.com

TEMPO.CO, Jakarta - Tidak semua orang percaya cinta sejati itu ada. Apalagi, mereka percaya menemukan cinta sejati cukup sulit.

Beberapa penelitian menunjukkan cinta dianggap sebagai kumpulan dari tiga keadaan yang terdiri dari perasaan, perbuatan, dan nafsu. Lantas seperti apa sebenarnya tanda cinta sejati?

Saling menghormati
Rasa hormat adalah salah satu tanda terbesar cinta sejati dalam suatu hubungan. Ketika menghormati pasangan, itu berarti Anda menghargai pikiran dan perasaannya. Menunjukkan rasa hormat datang dalam berbagai bentuk dalam suatu hubungan, misalnya dengan menghormati batasan satu sama lain, macam tidak pernah melewati batasan seksual, mendengarkan ketika pasangan mengatakan tidak, tidak berbicara buruk tentang hal-hal yang mereka sukai. Kemudian saling menghormati emosi, jangan pernah mengatakan sesuatu yang sengaja menyakiti perasaan pasangan atau memanipulasinya.

Berikutnya menghormati satu sama lain sebagai orang, membela pasangan, tidak pernah berbicara buruk tentangnya secara sosial. Saat Anda dan pasangan memberi dan menerima rasa hormat, itu pertanda baik bahwa hubungan berada di jalur yang bagus.

Kepercayaan
Ketidakpercayaan bisa menjadi racun bagi suatu hubungan, menyebabkan Anda terus-menerus bertanya di mana pasangan berada, dengan siapa mereka berbicara, dan apa yang mereka sembunyikan. Pada dasarnya, ini melelahkan.

Nasihat ahli hubungan yang sehat penuh dengan kepercayaan. Ketika mempercayai pasangan, itu memungkinkan Anda menjadi rentan bersama dan membangun keintiman emosional. Kepercayaan memungkinkan untuk mengambil napas, bersantai, dan menikmati waktu bersama dan terpisah.

Mandiri
Salah satu tanda cinta sejati adalah tidak bergantung pada pasangan untuk kebahagiaan. Waktu berpasangan penting agar hubungan bisa berkembang tetapi waktu untuk berpisah sama pentingnya.

Menghabiskan waktu terpisah membantu Anda menjaga rasa diri, menumbuhkan persahabatan, mengejar hobi dan tujuan mandiri. Kemudian, memiliki lebih banyak hal untuk dibicarakan dengan pasangan dan memiliki tingkat ketergantungan yang sehat dari pasangan akan membantu Anda tumbuh sebagai pribadi sekaligus sebagai pasangan.

'Saya' telah berubah menjadi 'kami'
Ketika berbicara tentang hubungan, apakah Anda mengatakan "Saya", atau apakah mengatakan "Kami"? Nasihat ahli menyoroti pasangan yang menggunakan 'kosakata terpisah' mengalami perilaku negatif dan tingkat kepuasan pernikahan yang lebih rendah.

Di sisi lain, pasangan yang menggunakan bahasa "Kami" dengan kata ganti yang difokuskan pada pasangan mengalami penurunan stres dan perilaku emosional yang lebih positif. Jika mendapati diri menjadi "Kami", hubungan berada di jalur yang benar.

Saling mendukung
Hubungan cinta adalah tentang dukungan. Mitra yang mendukung ada untuk satu sama lain melalui tebal dan tipis. Mereka melakukan apa pun dengan kekuatan untuk membantu pasangan, merayakan kesuksesan, dan tidak terintimidasi oleh tujuan pasangan.

Resolusi konflik tepat sasaran
Bahkan, pasangan yang paling bahagia pun pasti memiliki perselisihan. Jadi, ketika Anda melakukannya, ada baiknya untuk memiliki keterampilan resolusi konflik.

Penyelesaian konflik yang baik adalah membuang kebiasaan buruk, seperti tidak berbicara selama berhari-hari atau saling memberi sikap dingin, saling menyalahkan, menggunakan ketidaksepakatan sebagai alasan untuk menyebut nama atau saling mencaci-maki. Sebaliknya, ketika berada dalam hubungan baik yang penuh cinta dan hormat, Anda akan belajar untuk menyerang masalah, bukan satu sama lain.

Kesetiaan yang terpenting
Apakah Anda pernah menjalin hubungan yang tidak setia? Mungkin itu dipicu oleh kebosanan atau perasaan seperti pasangan tidak menghargai Anda.

Apapun masalahnya, keinginan untuk tidak setia kepada pasangan adalah peringatan besar Anda tidak berada dalam hubungan yang sehat. Tetapi, dalam hubungan yang bahagia dan sehat, kesetiaan adalah salah satu tanda terbesar cinta sejati.

Ketika setia kepada pasangan, itu berarti Anda memiliki pengabdian yang tak tergoyahkan. Itu pertanda bahwa Anda tidak bosan atau tidak puas dalam hubungan dan tidak akan pernah melakukan apa pun yang menyebabkan pasangan sakit atau tertekan.

Menerima suka dan duka
Tidak ada hubungan yang sempurna. Pasangan pasti saling mengalami kebosanan atau kejengkelan. Hubungan mengalami pasang surut dan menerima tanpa khawatir setiap pertengkaran akan berakibat putus adalah pertanda baik karena itu berarti Anda yakin cinta dapat hidup melalui apa pun.

Komunikasi yang sehat
Memiliki keterampilan komunikasi yang efektif adalah nasihat ahli yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Ketika Anda dan pasangan memiliki komunikasi yang baik, itu berarti Anda dapat membicarakan apa saja seperti masalah, perasaan, sesuatu yang lucu yang dipikirkan, harapan, tujuan, masa depan, dan lainnya. Komunikasi yang sehat membantu meningkatkan keintiman emosional dan mengurangi kesalahpahaman dalam hubungan.

Bekerja sama untuk satu sama lain
Anda tahu itu cinta sejati ketika akan melakukan apa saja untuk membuat pasangan bahagia. Menjalankan tugas atau melakukan sesuatu sehingga pasangan tidak perlu melakukannya adalah contoh yang bagus untuk bekerja sama untuk satu sama lain. Ini cara yang bagus untuk mengungkapkan cinta dan terima kasih secara nonverbal untuk pasangan.

Tetapi, jika ingin mengungkapkannya secara verbal, itu bagus juga. Penelitian menunjukkan pasangan yang mengungkapkan rasa syukur secara teratur memiliki tingkat komitmen yang lebih tinggi, keintiman yang lebih baik, dan merasa lebih didukung dan lebih bahagia dalam hubungan.

Empati dan pengertian berlimpah
Salah satu tanda besar cinta sejati adalah mengembangkan empati untuk pasangan. Bila memiliki empati, itu berarti Anda telah memanfaatkan perasaan pasangan. Saat ia bahagia, itu membuat Anda bahagia. Ketika ia stres, Anda membawa beban itu bersama. Empati itu indah karena membuat Anda merasa lebih terhubung dan saling memahami pikiran dan emosi.

Bisa menjadi diri sendiri
Cara terakhir mengetahui Anda memiliki cinta sejati dalam hubungan adalah ketika bisa menjadi diri sendiri dengan pasangan apa pun yang terjadi. Anda tidak harus berpura-pura menjadi orang lain, memiliki minat yang berbeda, atau berpikir dan merasakan dengan cara tertentu. Anda tahu pasangan mencintai dan tidak akan pernah menilai atas perasaan.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT