Luhut Pandjaitan Arahkan Pariwisata Fokus ke Wisatawan Domestik
TEMPO.CO | 26/09/2020 19:45
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat perkenalan Menteri Kabinet Indonesia Maju di Veranda Istana Negara, Jakarta, Rabu, 23 Oktober 2019. TEMPO/Subekti
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat perkenalan Menteri Kabinet Indonesia Maju di Veranda Istana Negara, Jakarta, Rabu, 23 Oktober 2019. TEMPO/Subekti

TEMPO.CO, Bintan - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan mengatakan sektor pariwisata saat ini harus fokus kepada wisatawan domestik.

"Target menggenjot aktivitas pariwisata untuk wisatawan domestik ini berlangsung sampai akhir 2020," kata Luhut Pandjaitan seusai menghadiri Rapat Koordinasi Pimpinan atau Rakorpim Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di wisata Lagoi Bintan, Kepulauan Riau, Jumat 25 September 2020.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan, upaya utama untuk menghadirkan kunjungan wisatawan adalah dengan menerapkan protokol kesehatan, untuk menjamin keamanan dan keselamatan semua pihak. Salah satunya dengan cara melakukan sertifikasi Indonesia Care kepada beberapa sektor pariwisata.

Lapangan golf di Bintan, merupakan wisata unggulan pariwisata Kepri. Dok. Kemenparekraf

Wishnutama menjelaskan, Bintan menjadi daerah pertama yang mendapatkan sertifikasi Indonesia Care karena berpotensi menaikan pertumbuhan ekonomi di sektor pariwisata. "Sertifikasi ini juga akan diberikan pada daerah lain, seperti Bali," kata Wisnutama.

Mengenai akses menuju Pulau Bintan, Luhut Pandjaitan mengatakan pemerintah segera membangun green port di Pelabuhan Batu Ampar, Kota Batam. "Jangan sampai kalah dengan Singapura dan Johor (Malaysia) dalam mengelola pelabuhan," ucapnya.

Proses pengembangan Pelabuhan Batu Ampar sudah berjalan sejak awal tahun lalu. Rencananya pelabuhan ini dapat menunjang pertumbuhan industri dan pariwisata di Kota Batam. Letak pelabuhan tersebut begitu strategis karena berada di Selat Malaka.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT