6 Etika Pertemuan Virtual yang Penting dari Ruangan Hingga Pakaian
TEMPO.CO | 28/09/2020 05:59
Ilustrasi wanita pakai masker sambil bekerja. Freepik.com
Ilustrasi wanita pakai masker sambil bekerja. Freepik.com

TEMPO.CO, Jakarta - Masa pandemi ini begitu banyak orang mengadakan pertemuan bisnis menggunakan Zoom, Skype, atau tempat pertemuan virtual online lainnya. Dengan mempelajari etika yang tepat menjadi bagian penting dari pekerjaan Anda saat ini. 

Melansir laman Your Tango, Diane N. Quintana, personal organizer memaparkan 6 tip etikat pertemuan virtual yang perlu Anda ketahui. 

1. Atur ruangan
Perhatikan area di sekitar meja Anda, dan tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini: 
- Apa yang akan dilihat orang yang melihat ruang di belakang Anda?
- Itukah yang Anda ingin mereka lihat?
- Apakah ini terlihat profesional?
- Jika latar belakangnya tidak profesional, unggah gambar diam. Ada cara untuk mengupload gambar latar belakang yang akan menyembunyikan cangkir kopi yang kotor, mainan anak-anak, dan meja yang berantakan.

Jika Anda mengadakan rapat di kantor, Anda mungkin akan pergi ke ruang konferensi atau meja rapat pusat sehingga kekacauan di sekitar ruangan pribadi Anda tidak akan menjadi bahan diskusi.

Di masa lalu, Anda bahkan mungkin telah mengatur untuk bertemu klien untuk minum kopi atau makan siang. Karena Anda jarang bertemu dengan cara itu sekarang, Anda dapat memastikan ruang Anda sudah dibersihkan atau menyembunyikannya dengan latar belakang virtual.

2. Perhatikan penampilan
Bekerja dari rumah telah memberikan arti baru pada "bisnis santai". Anda tidak berpakaian untuk pergi ke kantor, tetapi Anda berpakaian untuk bekerja. Meskipun Anda berpakaian santai, kenakan sesuatu yang serasi. Jika Anda berpindah-pindah kantor rumah selama rapat, kamera komputer dapat melacak pergerakan Anda. Anda juga ingin memastikan bahwa pakaian Anda terkoordinasi, atau mematikan umpan video sebelum Anda bangun dari meja Anda.

3. Pastikan Anda dalam mode bisu.
Pastikan audio Anda dibisukan hingga giliran Anda berbicara. Selalu ada suara asing lain yang dapat menimbulkan umpan balik selama rapat. Salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan tetap diam sampai Anda memiliki sesuatu untuk ditambahkan ke percakapan.

Anda mungkin memiliki sesuatu yang serupa di rumah Anda. Jangan biarkan suara latar di rumah Anda masuk ke dalam rapat bisnis Anda. Gunakan etiket zoom yang baik dan nonaktifkan suara Anda sendiri. Tip lainnya adalah menggunakan headphone. Jika Anda berbagi ruang kantor rumah dengan anak-anak atau pasangan Anda, mereka mungkin dapat mengabaikan suara Anda tetapi mungkin sepenuhnya terganggu oleh orang lain dalam rapat Anda.

4. Matikan kamera jika Anda melakukan banyak tugas.
Jika Anda tidak memimpin rapat dan mendengarkan tetapi juga melakukan tugas-tugas kecil lainnya, tunjukkan sopan santun dan matikan video Anda. Anda bisa dilihat oleh presenter dan lainnya, mungkin semua orang, tergantung berapa banyak orang yang menghadiri rapat.

Jangan biarkan tindakan Anda mengganggu presenter atau orang lain di rapat. Matikan kamera. Sebagai gantinya, Anda dapat menampilkan foto profil Anda di layar. Jika Anda telah menyelesaikan apa yang Anda lakukan, hidupkan kembali kamera.

5. Jaga kamera Anda setinggi mata.
Siapkan kamera Anda sejajar jika Anda memimpin rapat, atau jika Anda berencana untuk menyimpan kamera Anda sepanjang waktu. Dengan cara ini, Anda tidak tampak memandang rendah atau memandang rendah semua orang. Anda melihat orang-orang yang menghadiri rapat secara langsung, seolah-olah Anda hadir secara langsung.

6. Batasi gangguan latar belakang.
Beri tahu pasangan Anda bahwa Anda memiliki rapat virtual yang dijadwalkan, jadi mereka sudah diperingatkan dan akan mengenakan satu set pakaian lengkap jika kebetulan melewati komputer. Jika memiliki anak kecil di keluarga, kemungkinan besar mereka akan mengganggu pertemuan Anda.  

Jika kantor rumah Anda berada di ruangan terpisah, Anda dapat memasang tanda "Jangan Ganggu" di pintu. Pastikan untuk menjelaskan apa artinya bagi anak-anak Anda. Jawab pertanyaan mereka. Biarkan mereka tahu bahwa Anda akan segera mendapatkan apa pun yang mereka butuhkan, dan kembali ke pertemuan Anda.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT