Atasi Stres Banyak Caranya, Merajut Bisa Jadi Pilihan
TEMPO.CO | 29/09/2020 19:48
Ilustrasi hobi merajut (pixabay.com)
Ilustrasi hobi merajut (pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Bersantai dan melepas semua ketegangan pada masa sekarang ini penting untuk dilakukan. Hal tersebut dapat mengatasi kecemasan dan stres yang ditimbulkan akibat pandemi virus corona yang belum juga usai. Ada banyak orang yang mencari hobi baru untuk menenangkan diri selama pembatasan sosial ini.

Salah satu hobi yang bisa Anda tekuni adalah merajut. Dilansir dari Times of India, Senin 28 September 2020, merajut dapat mengelola stres karena memotivasi Anda untuk bekerja secara efisien dan melakukan hal yang benar.

Ya, ketika tubuh merasa stres, itu mengaktifkan respon melawan atau lari. Ini melepaskan adrenalin dan meningkatkan kadar kortisol. Pelepasan hormon ini secara berlebihan dapat mempengaruhi fungsi tubuh Anda. Relaksasi mendalam dapat membantu mengalihkan tubuh Anda dari mode pertarungan atau lari sehingga Anda dapat beristirahat dan memulihkan tenaga.

Peneliti mencoba menemukan hobi paling santai yang bisa menurunkan tingkat stres dan detak jantung Anda. Sebuah survei dilakukan terhadap 2.379 orang. Ada 20 hobi umum yang biasa dilakukan orang untuk mengurangi stres yang terdiri dari segala hal mulai dari mendaki hingga memasak dan olahraga.

Para peserta diminta mengenakan gelang kebugaran untuk melacak detak jantung mereka. Ini membantu mereka menemukan aktivitas yang paling menenangkan detak jantung orang. Ditemukan bahwa peserta yang merajut memiliki detak jantung yang lebih rendah rata-rata hampir 19 persen dibandingkan dengan orang lain yang melakukan aktivitas lain.

Sesuai penelitian, merajut paling banyak menurunkan detak jantung, tetapi kemudian, semuanya tergantung pada pilihan dan perspektif pribadi. Beberapa orang mungkin menganggap melukis atau menggambar lebih santai.

The National Institute of Mental Health menyarankan bahwa olahraga meningkatkan detak jantung Anda sebagai cara terbaik untuk bersantai dan mengatasi stres. Ini juga berhasil bagi banyak orang. Tetapi jika Anda telah mencoba hal lain, mengapa tidak mencoba merajut?


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT