Selain Olahraga, Ini 4 Rutinitas Pagi untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh
TEMPO.CO | 04/10/2020 07:25
Ilustrasi wanita naik sepeda. Freepik.com
Ilustrasi wanita naik sepeda. Freepik.com

TEMPO.CO, Jakarta - Pandemi telah membuat kita semua mengikuti beberapa kebiasaan paling sehat. Dari berolahraga secara teratur, hingga mengonsumsi suplemen. Kita semua melakukan semua yang kita bisa untuk menjaga kekebalan tubuh tetap kuat. Dengan belum adanya vaksin untuk virus corona baru, sistem kekebalan yang kuat dapat bekerja sebagai perisai untuk melindungi tubuh Anda dari infeksi.

Tapi seperti yang dikatakan para ahli dan juga benar bahwa kekebalan tubuh tidak dibangun dalam sehari tetapi dalam jangka waktu tertentu. Ini mengharuskan Anda mengubah kebiasaan gaya hidup tertentu untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Melansir laman Times of India, rutinitas pagi yang sehat sangat ideal untuk menjalani hari yang produktif sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh.

Berikut ini lima langkah rutinitas pagi yang akan meningkatkan kekebalan tubuh

1. Yoga

Jika Anda terlalu malas untuk bangun dari tempat tidur dan naik matras, cobalah melakukan beberapa pose bed yoga seperti pose anak-anak. Tahan pose tersebut selama Anda bisa. Asana akan membantu mengendurkan otot yang kaku dan meningkatkan aliran darah ke otak.

Setelah melakukan pose, duduklah dengan tegak dan lakukan beberapa latihan pernapasan untuk merilekskan pikiran dan meningkatkan fungsi tubuh setelah tidur malam.

2. Oil pulling 

Oil pulling adalah teknik ayurveda kuno yang melibatkan desir minyak kelapa murni yang diperas dingin selama sekitar 4-6 menit di mulut. Ini telah direkomendasikan oleh para ahli karena asam laurat dalam minyak memecah lapisan lemak bakteri di mulut.

3. Hidrasi

Kita semua tahu bahwa menjaga diri kita terhidrasi dengan baik adalah yang terpenting untuk tetap sehat. Minumlah dua gelas air setelah Anda bangun. Anda bahkan dapat membuat beberapa ramuan DIY seperti air lemon, air madu, dan meminumnya di pagi hari untuk hasil terbaik.

4. Olahraga

Berolahraga di pagi hari adalah cara terbaik untuk mengatasi kelesuan. Sesi 30-40 menit dari aktivitas fisik apa pun dapat mengisi daya tubuh secara fisik selama sisa hari itu. Ini juga akan meningkatkan energi, kekuatan, fleksibilitas, dan stamina Anda.

Anda dapat memulai dengan latihan dasar seperti berjalan kaki, jogging, bersepeda, dan kemudian meningkatkan intensitas sesuai dengan tipe tubuh dan kondisi kesehatan Anda.

5. Nikmati sarapan yang sehat

Sarapan sering dikatakan sebagai makanan terpenting hari itu. Nikmati sarapan sehat yang sehat, yang merupakan campuran protein, karbohidrat, lemak, dan serat. Jangan lupa untuk menambahkan buah-buahan segar, biji-bijian, dan sayuran ke piring sarapan Anda.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT