Manfaat Kentang untuk Membersihkan Wajan Berkarat sampai Noda Karpet
TEMPO.CO | 06/10/2020 19:45
Ilustrasi kupas kentang. kfetele.ru
Ilustrasi kupas kentang. kfetele.ru

TEMPO.CO, Jakarta - Selain sebagai makanan, kentang juga bermanfaat untuk membersihkan rumah. Beberapa pekerjaan membersihkan, mulai dafri noda karat pada sendok atau karpet, sampai dengan membersihkan karat pada wajan atau pisau, bisa dilakukan dengan kentang. 

Berikut enam cara cerdas memanfaatkan kentang untuk membersihkan rumah, seperti dilansit The Kitchn.

1. Membersihkan wajan 

Kentang mengandung asam oksalat, yang membantu memecah karat. Jadi Anda bisa menggunakan kentang untuk mengembalikan wajan besi yang berkarat. Potong saja kentang menjadi dua, celupkan ujung potongan ke dalam sabun cuci piring atau soda kue, dan gosokkan ke area yang berkarat. Jika ujung kentang licin, potong dan celupkan ujung yang baru dipotong. Ulangi sampai karat hilang, lalu bilas dan keringkan.

2. Membersihkan pisau berkarat

Anda juga dapat membersihkan karat dari benda-benda lain yang ada di sekitar Anda. Trik ini bisa digunakan pada pisau, gunting, loyang, dan peralatan rumah tangga lainnya.

3. Hapus noda perak

Berencana merebus kentang untuk makan malam? Simpan air bertepung sisa rebusannya. Anda bisa menjatuhkan kepingan perak yang ternoda dan merendamnya setidaknya selama satu jam. Saat menarik potongannya, Anda akan bisa mengelapnya hingga kering dan menghilangkan noda.

4. Menghapus kabut kacamata

Jika Anda memakai kacamata, kemungkinan besar akan mengalami masalah lensa berkabut saat keluar mengenakan masker wajah. Anda bisa menggosok lensa dengan bagian potongan kentang mentah dan pati akan membantu mengurangi penumpukan kabut tanpa mengaburkan penglihatan.

5. Bersihkan pecahan kaca

Pecahan gelas atau piring bisa berbahaya jika terinjak atau terkena tangan saat membersihkannya. Setelah membersihkan bagian besarnya, mungkin masih ada bagian kecil yang terlihat tersisa. Untuk membersihkannya, ambil kentang mentah - atau sayuran akar lainnya yang lebih besar - potong menjadi dua, lalu tekan bagian yang sudah dipotong di sekitar area bekas pecahan. Serpihan gelas akan menempel pada kentang. Gunakan sarung tangah saat membersihkannya.

6. Mengangkat noda kecil

Kentang tidak bisa menghapus noda minuman dari karpet putih, tetapi mengoleskan bagian potongan kentang mentah atau sedikit air kentang pada noda kecil akan membantu.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT