Jaga Kekebalan Tubuh kala Pandemi Covid-19, Ini Kuncinya
TEMPO.CO | 11/10/2020 09:00
Ilustrasi makanan sehat (pixabay.com)
Ilustrasi makanan sehat (pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Kekebalan tubuh sangat penting agar tidak mudah terserang penyakit, termasuk Covid-19. Sistem imun adalah sistem pertahanan tubuh. Ketika penyerang berbahaya seperti virus pilek atau flu, atau virus corona masuk ke tubuh, sistem kekebalan melakukan serangan.

Dikenal sebagai respons imun, serangan ini merupakan rangkaian peristiwa yang melibatkan berbagai sel di dalam tubuh yang harus tetap dijaga agar terhindar dari beragam penyakit tadi, termasuk Covid-19. Mengikuti pedoman kesehatan umum adalah langkah terbaik yang dapat diambil untuk menjaga sistem kekebalan tetap kuat dan sehat.

Setiap bagian tubuh, termasuk sistem kekebalan, berfungsi lebih baik bila terlindungi dari serangan lingkungan. Selain itu, untuk meningkatkan kekebalan tubuh, ada sejumlah hal yang bisa dilakukan seperti berikut ini:

-Berhenti merokok atau mengisap vape.
-Makan makanan sehat seperti buah, sayuran, dan biji-bijian.
-Konsumsi multivitamin jika tidak mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan melalui makanan.
-Berolahraga secara teratur.
-Pertahankan berat badan yang sehat.
-Kendalikan tingkat stres.
-Kontrol tekanan darah.
-Batasi minum alkohol.
-Tidur cukup.
-Lakukan langkah-langkah untuk menghindari infeksi, seperti sering mencuci tangan dan mencoba untuk tidak menyentuh tangan ke wajah, karena kuman berbahaya dapat masuk melalui mata, hidung, dan mulut.

Selain langkah-langkah di atas, jagan lupa selalu menjalankan protokol kesehatan dengan selalu #pakaimasker di luar rumah, #jagajarakhindarikerumunan, dan rajin #cucitanganpakaisabun.

*Artikel ini adalah kerja sama Tempo.co dengan #SatgasCovid-19 demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Tegakkan protokol kesehatan dengan #pakaimasker, #jagajarak, dan #cucitangan.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT