Sering Beraktivitas di Rumah, Coba 5 Ide Dekorasi Ini Untuk Ganti Suasana
TEMPO.CO | 19/10/2020 21:09
Desain rumah dengan pemandangan taman karya MIVEWORKS // arsitag.com
Desain rumah dengan pemandangan taman karya MIVEWORKS // arsitag.com

TEMPO.CO, JakartaDekorasi ruangan menjadi salah satu kegiatan yang banyak dilakukan masyarakat selama pandemi, termasuk bagi pasangan muda yang baru menikah. “Selama pandemi, transaksi subkategori Furniture di Tokopedia meningkat hampir 2 kali lipat, jika dibandingkan periode sebelum pandemi,” kata Category Development Lead Tokopedia, Fifa Italia dalam keterangan pers yang diterima Tempo pada 16 Oktober 2020.

“Rak tanaman, kursi, kasur lipat, meja tamu dan lemari pakaian menjadi produk furnitur paling dicari di Tokopedia selama pandemi,” tambahnya.

Berikut beberapa inspirasi dekorasi dari Tokopedia.

  1. Etnik Indonesia
    Nuansa tradisional pada hunian dapat diciptakan dengan menambahkan dekorasi etnik khas Indonesia. Ukiran kayu, ornamen sejarah, motif budaya tradisional, seperti hiasan wayang atau kerajinan tangan khas daerah tertentu dapat menjadi pilihan penghias rumah berkonsep etnik Indonesia.

    Produk wewangian seperti aromaterapi atau essential oil juga bisa memperkuat nuansa hunian bergaya etnik, contohnya produk dari Kemayu and Co yang beraroma khas Indonesia. Pegiat usaha lokal ini mengalami kenaikan transaksi di Tokopedia sebesar lebih dari 8 kali lipat selama pandemi.

  2. Japanese Minimalist
    Konsep rumah minimalis ala Jepang mengusung fungsionalitas dan gaya hidup modern, serta didominasi elemen kayu dan bambu. Dekornata adalah UMKM penghasil produk perabotan rumah dari kayu. Selama pandemi, transaksinya di Tokopedia meningkat lebih dari 2 kali lipat.

  3. Bohemian Home
    Perpaduan furnitur lama dan baru menjadi salah satu kekhasan Bohemian. Bantal sofa, tirai hingga karpet yang memiliki motif unik dapat dimanfaatkan untuk menciptakan tampilan gaya ini.

    Mendekor bisa menjadi pilihan untuk menemukan berbagai furnitur yang dapat menunjang gaya Bohemian. UMKM lokal ini mencatat lonjakan transaksi sebesar hampir 3 kali lipat di Tokopedia.

  4. Victorian Home
    Gaya Victorian menggabungkan desain kontemporer-modern dan tradisional, cocok dengan konsep desain rumah segala tipe. Konsep elegan dan mewah khas Victorian bisa diterapkan lewat produk kreator lokal, misal ZEN Porcelain Tableware. Penghasil piring porselen ini mengalami kenaikan transaksi di Tokopedia hampir 13 kali lipat selama pandemi.

  5. Scandinavian Home
    Dekorasi interior rumah ala Scandinavian, yang mengusung konsep bersih dan putih, bisa menjadi pilihan untuk menampilkan kesan minimalis. Penggunaan cat putih yang memberikan kesan luas bisa dilengkapi dengan pemakaian furnitur berwarna cokelat untuk memberikan kesan hangat dan elegan bergaya Scandinavian.

    Masyarakat bisa mendapatkan berbagai perabotan rumah tangga ala Japanese Scandinavian lewat Dekoruma Official Store. Pegiat usaha lokal ini mencatat kenaikan transaksi menjadi hampir 9 kali lipat di Tokopedia selama pandemi jika dibandingkan periode sebelum pandemi. Demi siapkan kebutuhan akan produk rumah tangga, Tokopedia berkolaborasi dengan Bridestory menghadirkan Home Living SALEbrations selama 15-25 Oktober 2020.

REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT