Sering Bongkar Isi Lemari Es Saat di Rumah Saja, Intip Perawatan Pentingnya
TEMPO.CO | 24/10/2020 22:46
Ilustrasi Kulkas/Beko
Ilustrasi Kulkas/Beko

TEMPO.CO, Jakarta - Selama menghabiskan waktu di rumah, peran perangkat rumah tangga kian signifikan. Faktanya, laporan ‘Tinjauan Big Data Terhadap Dampak Covid-19 2020’ yang disusun Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan penjualan perangkat rumah tangga secara online pada masa pandemi melonjak dibandingkan dengan penjualan di bulan Januari 2020 . Setiap perangkat diperuntukkan untuk memberi kemudahan dan kenyamanan lebih bagi penggunanya. Meski demikan, jika perangkat tidak dirawat dan digunakan dengan tepat, tak jarang perangkat justru tidak dapat berfungsi dengan maksimal, yang mengakibatkan masa penggunaan kian singkat bahkan menimbulkan risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, menjaga higenitas juga menjadi bagian dari perawatan perangkat yang sangat penting, terutama di masa pandemi seperti saat ini.

Customer Care Manager perusahaan Peralatan Alat Rumah Tangga, Beko Indonesia, Tyo Sulistyo mengingatkan masyarakat untuk memastikan penggunaan dan perawatan perangkat rumah tangga dengan tepat, sama pentingnya dengan memilih produk dengan kualitas terbaik. Bila perawatan baik, maka kinerja dan masa guna produk akan semakin maksimal.

Customer Care Manager PT Beko Appliances Indonesia, Tyo Sulistyo/Beko

Kualitas produk rumah tangga baru benar-benar teruji ketika telah sampai dan digunakan langsung oleh pelanggan dengan nyaman. "Karenanya bagi Beko, setiap permintaan layanan yang kami terima merupakan sebuah kesempatan terbaik, untuk memberikan kesempurnaan pengalaman dari produk yang kami hadirkan. Keseriusan kami dalam membangun layanan purna jual yang andal juga dibuktikan dengan pencapaian 90% layanan yang mampu diselesaikan hanya dalam sekali kunjungan,” kata Tyo pada konferensi pers pada Jumat 23 Oktober 2020.

Menjadi salah satu perangkat rumah tangga yang hampir ditemukan di setiap rumah, kulkas menjadi perangkat wajib rumah tangga yang digunakan untuk menyimpan bahan ataupun sisa makanan. Untuk menjaga kinerja kulkas agar bekerja maksimal, perhatikan hal-hal berikut. Coba beri ruang antara kulkas dan dinding agar tidak menghambat aliran udara panas dari kompresor.

Selanjutnya penting untuk bersihkan lemari es minimal 1 bulan sekali. Selain bermanfaat untuk menjaga higenitas kulkas, jika dilakukan secara rutin, aktivitas ini juga bermanfaat untuk membantu kita mengecek makanan apa saja yang masih ada dan perlu untuk segera diolah atau dikonsumsi. Tyo mengatakan alasan pembersihan kulkas dilakukan sebulan sekali karena biasanya orang belanja kebutuhan pangan sebulan sekali. "Jadi, sebelum menaruh makanan baru di kulkas, orang bisa melihat makanan apa yang sebaiknya dibuang. Agar kualitas makanan tetap terjaga," katanya.

Penting pula agar orang memperhatikan kapasitas lemari es. Mengisi kulkas secara berlebihan, membuat perangkat tidak bekerja secara maksimal, yang berakibat pada penurunan kemampuan dalam melindungi kesegaran bahan makanan. Pilih jenis bahan makanan yang sebaiknya memang di simpan di kulkas, dan pisahkan bahan atau makanan yang aman disimpan di suhu ruangan.

Jangan menaruh makanan atau minuman panas langsung ke dalam kulkas. Ini dapat menyebabkan kulkas bekerja lebih keras untuk mendinginkan makanan. Sebaiknya tunggu makanan atau minuman berada pada suhu ruangan, setelah itu baru masukkan ke dalam kulkas.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT