Saran Psikolog agar Kesehatan Mental Terjaga selama Pandemi Covid-19
TEMPO.CO | 22/11/2020 19:50
Ilustrasi bermain media sosial. (Unsplash/Leon Seibert)
Ilustrasi bermain media sosial. (Unsplash/Leon Seibert)

TEMPO.CO, Jakarta - Psikolog klinis anak dan keluarga dari Tiga Generasi, Saskhya Aulia Prima, menganjurkan perilaku SABAR, yang merupakan akronim untuk sempatkan waktu bersama-sama orang tersayang, atur ekspektasi, berbuat baik pada diri sendiri, aplikasikan gaya hidup sehat, dan rutinitas yang terjaga untuk menjaga mental di masa krisis akibat pandemi Covid-19.

Sementara itu, bagi mereka yang punya masalah kesehatan mental sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memahami perubahan selama masa pandemi, mulai bekerja dari rumah (WFH), berkurangnya kontak dengan kerabat dan teman untuk beberapa waktu, ditambah adaptasi gaya hidup baru, bisa saja menyulitkan.

Namun, ada banyak yang bisa dilakukan. Salah satunya tetaplah terinformasi. Anda bisa mendengarkan saran dan rekomendasi dari pemerintah, saluran berita tepercaya, termasuk informasi terbaru dari @WHO di media sosial.

Selain itu, lakukan rutinitas harian atau buat rutinitas baru, misalnya bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari, jaga kebersihan diri, konsumsi makanan sehat pada waktu yang teratur, rutin berolahraga, mengalokasikan waktu untuk bekerja dan istirahat, serta meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang disukai.

Kontak sosial itu penting. Jika pergerakan dibatasi, tetaplah berhubungan secara teratur dengan orang-orang yang dekat melalui telepon dan saluran online. Hal lain yang perlu diperhatikan yakni waktu menatap layar gawai. Aturlah berapa lama waktu di depan layar setiap hari dan pastikan istirahat secara teratur dari aktivitas di layar.

Meskipun gim video bisa menjadi cara untuk bersantai, Anda bisa tergoda untuk menghabiskan lebih banyak waktu memainkannya. Jadi, pastikan untuk menjaga keseimbangan dengan aktivitas off-line dalam rutinitas harian. Terkait media sosial, sebaiknya gunakan sarana ini untuk mempromosikan cerita positif dan harapan.

*Ini adalah konten kerja sama Tempo.co dengan #SatgasCovid-19 demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Tegakkan protokol kesehatan, ingat selalu #pesanibu dengan #pakaimasker, #jagajarakhindarikerumunan, dan #cucitanganpakaisabun.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT