Mau Pakai Aplikasi Pencari Jodoh? Simak Dulu 4 Hal Penting Ini
TEMPO.CO | 28/11/2020 16:36
Aplikasi jodoh
Aplikasi jodoh

TEMPO.CO, Jakarta Mencari jodoh lewat aplikasi pencari jodoh sudah banyak dilakukan orang, apalagi di era perkembangan digital seperti sekarang.

Beragam aplikasi pencari jodoh pun muncul untuk memberikan kesempatan bagi para jomblo mencari pasangannya. Contohnya Hawaya, yang didirikan pada 2017 oleh Sameh Saleh di Mesir.

Dalam keterangan resminya, Hawaya memberikan empat hal yang harus diperhatikan sebelum seseorang memakai platform pencarian jodoh untuk mencari pasangan.

Ketahui tujuan Anda dan niat mereka

Anda harus mengetahui tujuan diri sendiri sebelum terjun ke platform pencarian jodoh. Hal ini penting supaya Anda dapat memilih aplikasi yang sesuai tujuan karena ada banyak alasan untuk menggunakan aplikasi pencarian jodoh, baik untuk mencari pacar, teman, atau pasangan hidup.

Kenali diri sendiri dan kriteria pasangan yang diinginkan untuk menetapkan standar karena terdapat banyak pilihan yang tersedia. Selanjutnya, pastikan pasangan yang dipilih punya niat baik sebelum melangkah lebih jauh.

Buat profil menarik

Bila ingin menjalin hubungan jangka panjang, jujurlah dalam menuliskan deskripsi tentang diri sendiri. Deskripsi ini bisa menunjukkan karakteristik dan profil yang dapat mencerminkan seberapa serius dalam hal menjalin hubungan.

Tuliskan hobi, hal yang disukai serta dan karakteristik yang bisa menjadi topik pembicaraan. Anda juga sebaiknya membangun citra yang jelas dan menarik untuk membuat kesan pertama yang baik.

Pilih topik pembicaraan secara bijak

Percakapan yang baik di awal dapat membawa ke perjalanan yang lebih bermakna. Arahkan percakapan dengan cara yang tulus dan jangan terburu-buru. Temukan beberapa topik yang menarik dan jadilah diri sendiri.

Mulailah dengan pertanyaan yang tidak terlalu personal untuk mengenali karakternya, baru lanjutkan ke hal-hal yang penting bagi hidup untuk mengetahui apakah dia tertarik. Menurut psikiater dewasa Ratna Mardiati, pasangan mencerminkan siapa kita dan nasib kita berubah ketika kita ingin berubah.

Maka, penting untuk berkomunikasi dengan sopan. Perhatikan dan lihat bagaimana tanggapan mereka. Lebih baik menjauh jika mereka memberikan tanggapan yang kurang baik.

Pastikan semuanya berjalan sesuai jalur

Hanya karena Anda match dengan seseorang, bukan berarti Anda harus memulai hubungan yang serius pada saat yang bersamaan. Penting untuk mengetahui kecocokan antara Anda dan dirinya.

Sebelum menjalin hubungan, luangkan waktu untuk saling memahami. Setelah betul-betul yakin orang tersebut baik dan dapat dipercaya, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

Psikiater Ratna menyarankan untuk meminta pendapat pihak ketiga dari orang-orang yang memahami Anda, baik teman atau keluarga. Cara ini akan memberikan sudut pandang baru dari orang lain.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT