Mari Lakukan Senam Lantai, Olah Raga Mudah dan Murah Tapi Penuh Manfaat
TEMPO.CO | 05/12/2020 19:56
ilustrasi senam. Unsplash.com/Mark Zamora
ilustrasi senam. Unsplash.com/Mark Zamora

TEMPO.CO, Jakarta - Masa pandemi membuat orang terdorong untuk lebih rajin berolahraga demi menjaga imun tubuh. Tapi situasi pandemi juga membuat orang masih ragu untuk berpergian ke luar rumah, termasuk olahraga. Sebenarnya olahraga bisa dilakukan di rumah. Contohnya adalah senam lantai.

Senam ini bisa disebut mudah dan murah karena bisa dilakukan di rumah dan tanpa instruktur. Selain itu, olahraga ini tak perlu perlengkapan khusus. Anda cukup menyiapkan alas untuk melakukan senam agar lebih nyaman.

Beragam gerakannya pun sebenarnya sudah cukup akrab dengan masyarakat umum. Contohnya adalah push up, forward roll, hand stand, sikap lilin dan bridge. Setiap gerakan bisa dilakukan antara 10 sampai 30 detik.

Jika Anda rajin melakukannya, senam lantai bisa memberikan ragam manfaat bagi tubuh. Sebab, gerakan-gerakannya terdiri dari latihan fleksibilitas, kekuatan, menahan posisi, keseimbangan serta kemampuan manuver.

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan antara lain memperkuat otot tubuh bagian atas, membuat tubuh lebih lentur, melatih keseimbangan, mencegah penyakit, terutama yang berhubungan dengan kurang gerak seperti obesitas, diabetes dan penyakit jantung, menyehatkan dan menguatkan tulang, meningkatkan fungsi otak hingga menguatkan koordinasi organ tubuh.

Bahkan bukan hanya manfaat secara fisik saja, senam lantai bisa membuat Anda senang karena hormon endorfin yang dihasilkan saat Anda melakukannya.

SEHATQ


REKOMENDASI BERITA