Libur Akhir Tahun, Padang Rekomendasikan 2 Destinasi Wisata Ini
TEMPO.CO | 08/12/2020 06:28
Pantai Air Manis. TEMPO/Febriyanti
Pantai Air Manis. TEMPO/Febriyanti

TEMPO.CO, Jakarta - Wisata alam bisa menjadi pilihan yang aman bagi wisatawan yang hendak menikmati libur akhir tahun di masa pandemi. Ruang terbuka dan luas memungkinkan untuk bisa menjaga jarak dengan orang lain.

Nah, untuk Anda yang berencana liburan ke Padang, dua destinasi wisata ini bisa jadi pilihan."Ada dua lokasi yang kami rekomendasikan untuk mengisi liburan akhir tahun yaitu Pantai Air Manis dan kawasan Gunuang Padang," kata Kepala Dinas Pariwisata Padang, Arfian, Senin, 7 Desember 2020.

Kedua tempat tersebut direkomendasikan karena telah menerapkan protokol kesehatan secara tegas dan ketat, seperti pemakaian masker, mencuci tangan dan pembatasan pengunjung sebagai kebijakan menjaga jarak. Pengelola dua destinasi itu juga telah menyediakan sarana dan prasarana untuk mendukung penerapan protokol kesehatan seperti tempat mencuci tangan.

"Dengan demikian setidaknya itu pengunjung bisa merasa aman dan tidak was-was ketika berwisata," kata Arfian sambil menyebut bahwa dua destinasi itu berbayar.

Demi memastikan penerapan protokol kesehatan berjalan, Pemkot Padang juga membentuk tim pengamanan pada momen libur akhir tahun. Tim tersebut dimotori oleh Kesbangpol dan Satpol PP. "Petugas nantinya yang akan mengawasi langsung penerapan protokol kesehatan, seperti penggunaan masker dan menjaga jarak," kata Arfian.

Bagi wisatawan yang datang tanpa mengenakan masker, baik di destinasi rekomendasi Padang ataupun yang tidak, maka tetap disuruh pulang. "Tindakan tegas itu dilakukan demi menekan angka penyebaran virus Covid-19 dan mencegah munculnya klaster baru," ujarnya.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT