Saran Pakar buat yang Mau Olahraga di Luar kala Pandemi Covid-19
TEMPO.CO | 13/12/2020 11:36
Ilustrasi olahraga dengan wajah ditutup masker. Sumber: China News Service via Getty Ima/mirror.co.uk
Ilustrasi olahraga dengan wajah ditutup masker. Sumber: China News Service via Getty Ima/mirror.co.uk

TEMPO.CO, Jakarta - Pakar kesehatan mengingatkan orang-orang yang malas bergerak untuk melakukan aktivitas fisik walau masih pandemi COVID-19. Tak harus di dalam rumah, Anda juga disarankan berolahraga di luar ruangan.

Berbeda dari olahraga di masa sebelum pandemi, Anda diwajibkan protokol kesehatan #pakaimasker, #jagajarak, dan rajin #cucitangan atau membawa sendiri cairan pembersih tangan. Lalu, jika melihat pengumuman di sarana publik seperti stasiun kereta yang menyebutkan aturan mengenakan pakaian lengan dan celana atau bawahan panjang, perlukah Anda juga menerapkannya selama berolahraga?

"Olahraga outdoor diutamakan. Pakai pakaian biasa saja dan pakai masker cukup. Tidak berkerumun ketika olahraga. Bawa hand sanitizer karena kita pasti butuh, mungkin mau minum atau menyeka muka, tapi tangan mungkin habis pegang barang atau yang lain," ujar pakar dokter Vito A. Damay.

Profesor epidemiologi di Sekolah Kesehatan Masyarakat Harvard T.H. Chan, dikutip dari Popsugar, mengingatkan jika membawa alat olahraga pribadi sebaiknya tidak meminjamkan pada orang lain. Seperti yang diungkapkan Vito, dia juga menyarankan membersihkan botol air dan peralatan atau perlengkapan olahraga sebelum dan setelah digunakan.

Selepas berolahraga juga wajib mandi untuk membersihkan tubuh sekaligus mengganti pakaian sebelum bercengkerama dengan keluarga. Dari sisi jenis, Anda bisa pilih lari, bersepeda, atau sebatas jalan cepat selama 30 menit setiap hari.

"Lari, jogging, sepedahan, jalan cepat, lakukan saja. Durasi 30 menit sekali olahraga setiap hari kalau bisa. Kalau enggak bisa ya sejam, tiga kali seminggu minimal. Tergantung lebih mudah mana," kata Vito, yang mengambil spesialisasi jantung dan pembuluh darah itu.

"Setengah jam sehari setiap hari malah enak. Setengah jam saja dibanding 24 jam sehari harusnya mudah saja," imbuhnya.

Tetapi, jika ingin berolahraga di rumah, Anda bisa melihat video berolahraga melalui saluran YouTube atau memanfaatkan peralatan olahraga yang tersedia di rumah, seperti sepeda statis atau juga treadmill.

"Kalau mau lebih semangat workout virtual bareng-bareng bisa dengan fasilitas video conference. Jadi, olahraga di rumah masing masing tapi secara virtual bisa bareng dengan teman lain. Ada juga ikut virtual class olahraga," papar Vito.

*Artikel ini merupakan kerja sama Tempo.co dengan #SatgasCovid-19 demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Tegakkan protokol kesehatan, ingat selalu #pesanibu dengan #pakaimasker, #jagajarakhindarikerumunan, dan #cucitanganpakaisabun.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT