Selain Mudah Lelah, Waspadai 4 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D
TEMPO.CO | 05/01/2021 05:00
Ilustrasi wanita. Unsplash.com/Vladislav Muslakov
Ilustrasi wanita. Unsplash.com/Vladislav Muslakov

TEMPO.CO, Jakarta - Vitamin D membantu meningkatkan kesehatan tulang kita dan menyerap jumlah kalsium yang tepat dari makanan rutin kita. Sinar matahari adalah sumber utama vitamin ini. Saat kita terpapar sinar matahari, tubuh kita memproduksi vitamin D.

Namun dapat juga diperoleh beberapa jenis makanan sehat dan itulah mengapa makanan tersebut perlu dikonsumsi secara teratur dalam jumlah yang tepat. Kekurangan vitamin D menyebabkan tulang lemah. Selain itu ada beberapa gejala lain yang sangat tidak biasa, seperti dilansir dari laman Pinkvilla berikut ini.

Tanda-tanda kekurangan vitamin D yang tidak biasa

1. Anda sering jatuh sakit

Vitamin D juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Jadi, kekurangan vitamin ini akan membuat Anda sering jatuh sakit. Jika Anda sering mengalami pilek atau flu, periksa kadar Vitamin D sekali.

2. Tingkat energi rendah

Jika Anda merasa lelah atau kurang energik sepanjang hari, mungkin itu penyebab kekurangan vitamin D. Ini akan membuat Anda merasa lesu dan lelah setiap saat. Jadi, sertakan makanan kaya vitamin D dalam makanan Anda untuk meningkatkan mood Anda seperti ikan salmon, kuning telur, daging merah, hati, sereal sarapan, olesan lemak, dan lainnya.

3. Depresi

Depresi juga merupakan salah satu penyebab kekurangan vitamin D. Itu mempengaruhi mood kita membuat kita merasa tertekan dalam waktu yang lama. Jika Anda juga merasakan hal yang sama, konsumsi suplemen Vitamin D. Namun, bicarakan dengan dokter Anda sebelum meminumnya.

4. Masalah kulit

Masalah kulit yang berbeda seperti jerawat, ruam kulit, penuaan kulit juga bisa menjadi penyebab kekurangan vitamin. Anda dapat mengonsumsi makanan kaya vitamin D secara teratur. Paparan sinar matahari secara teratur juga dapat menyembuhkan masalah ini.

5. Rambut rontok

Apakah Anda mengalami kerontokan rambut yang parah? Ini juga salah satu gejala kekurangan vitamin D. Sertakan lebih banyak makanan kaya vitamin D dalam makanan Anda untuk pertumbuhan rambut yang kuat.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT