Jenis Obat Diabetes yang Memberikan Efek Menurunkan Berat Badan
TEMPO.CO | 14/01/2021 13:35
Ilustrasi obat. TEMPO/Subekti
Ilustrasi obat. TEMPO/Subekti

TEMPO.CO, Jakarta - Pasien diabetes tipe 2 tahap awal biasanya mendapat resep obat diabetes Metformin. Selain dapat menurunkan kadar gula darah, obat diabetes ini juga bisa menurunkan berat badan.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Diabetes, Peggy Pletcher mengatakan metformin bekerja dengan menahan nafsu makan serta mengubah cara tubuh membakar kalori dan menyerap lemak. "Yang jelas, obat diabetes jenis metformin dapat bekerja menurunkan berat badan jika diiringi dengan perubahan gaya hidup dan olahraga," kata Peggy Pletcher seperti dikutip dari laman Healthline.

Obat diabetes metformin bekerja secara perlahan, sekitar satu sampai dua tahun, dalam menurunkan berat badan penggunanya. Jumlah berat badan yang berkurang akibat mengkonsumsi obat diabetes metformin sekitar 1,5 sampai 3,5 kilogram.

Ilustrasi diabetes. Freepik.com

Peggy Pletcher menambahkan, berat badan berpotensi kembali ke angka semula jika pengguna berhenti mengkonsumsi metformin atau minum tak sesuai aturan. "Karena itu mereka yang mengkonsumsi metformin harus dalam pengawasan dokter," tulis Pletcher.

Tak hanya diresepkan untuk pasien diabetes tipe 2, obat diabetes metformin juga diberikan kepada pasien pra-diabetes, yaitu orang yang mulai menunjukkan gejala dan potensi diabetes. Beberapa dokter pun meresepkan metformin untuk pasien obesitas yang memiliki faktor resiko diabetes.

Kendati memiliki efek menurunkan berat badan, Badan Administrasi Obat dan Makanan Amerika Serikat atau Food and Drugs Administration (FDA) merekomendasikan metformin hanya sebagai obat diabetes penurun gula darah.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT