Museum Ini Berbentuk Sirip Paus, Segera Hadir untuk Mengamati Aksi Paus
TEMPO.CO | 17/01/2021 10:36
Bangunan Museum The Whale di Norwegia. Dok.The Whale.no
Bangunan Museum The Whale di Norwegia. Dok.The Whale.no

TEMPO.CO, Jakarta - Dari jauh, di pantai selatan Norwegia terlihat ada ekor ikan paus yang muncul dari air. Namun setelah diamati lebih dekat, ekor itu merupakan sebuah keajaiban arsitektur yang sebenarnya merupakan pusat pendidikan tempat untuk belajar tentang kehidupan laut setempat.

Museum The Whale didesain oleh studio arsitektur Denmark Dorte Mandrup, The Whale terletak di Andenes di pulau Andøya, sekitar 186 mil sebelah utara Lingkaran Arktik. Desa pesisir menyambut ribuan pengunjung setiap tahun untuk kesempatan menonton ikan paus, berkat ngarai laut dalam di daerah itu, yang menarik beberapa spesies paus yang berbeda untuk diberi makan di dekat pantai.

Dari Juni hingga Agustus, mudah untuk melihat paus pilot, minke dan sperma di dekat Andenes. Selama bulan-bulan musim dingin yang lebih dingin, orca dan paus bungkuk lewat dalam perjalanan migrasi mereka.

Kelak, pengunjung akan dapat menikmati semua aksi paus dari atap melengkung museum The Whale, yang memiliki platform miring dengan jalur batu yang mengarah ke berbagai area tampilan, termasuk kolam pasang surut dan api unggun.

Pendiri dan direktur kreatif Dorte Mandrup mengatakan kepada Insider bahwa desain The Whale terinspirasi oleh alam sekitarnya. "Lanskap di atas dan di bawah air adalah satu kulit yang tak terpisahkan, menjadikan permukaan air satu-satunya pembelahan antara atas dan bawah," ujarnya.

Hasilnya adalah sebuah bangunan yang menyerupai gundukan alami yang terangkat perlahan dari tanah. Di dalam museum The Whale, pengunjung akan menemukan ruang pameran dengan artefak terkait paus, kafe dan toko museum. Berkat jendela setinggi langit-langit yang menghadap ke Laut Norwegia, para tamu juga akan dapat melihat paus yang bermigrasi saat menjelajahi berbagai pameran.

Museum paus The Whale awalnya dijadwalkan untuk dibuka pada 2022, tetapi setelah pengembang menemukan bahwa lokasi itu berada di situs artefak era Viking, konstruksi dihentikan sementara. The Whale akan dibuka pada 2023.

TRAVEL AND LEISURE

Baca juga: Cerita Turis Amerika Kembalikan Artefak Romawi Kuno yang Dicuri Lewat Pos


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT