Ingin Memelihara Kucing, Kenali Dulu 5 Karakter Kucing
TEMPO.CO | 28/01/2021 11:47
Ilustrasi kucing. Sumber: Unsplash/asiaone.com
Ilustrasi kucing. Sumber: Unsplash/asiaone.com

TEMPO.CO, Jakarta - Punya binatang peliharaan di rumah terlihat menyengkan atau bisa jadi sangat menantang. Hewan juga punya karakter masing-masing, bahkan satu jenis binatang saja memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Jika kamu memilih memelihara kucing, sebaiknya ketahui dulu apa saja karakter kucing.

Mengutip laman Meowingtons, ada lima tipe kepribadian kucing. Pengetahuan tentang karakter kucing ini berangkat dari penelitian yang menerapkan model kepribadian manusia pada kucing peliharaan. Berikut uraian 5 karakter kucing tersebut:

  1. Kucing Neurotik
    Kucing dengan tipe kepribadian neurotik umumnya mudah gelisah, takut kepada orang baru, dan curiga. Kucing ini memilih bersembunyi dan enggan berbaur saat masuk ke lingkungan baru.

    Jika kamu memiliki kucing dengan karakter neurotik, buatkan dia rumah sebagai tempat persembunyiannya. Ini lebih baik ketimbang kucing itu mencari tempat bersembunyi sendiri di berbagai sudut rumah yang kemungkinan akan membahayakannya.

    Dokter hewan Pippa Elliott mengatakan pada awalnya agak sulit berinteraksi dengan kucing neurotik. Sebab mereka benar-benar menghindari situsi yang baru dan menganggapnya sebagai ketakutan. Sebab itu, beri sambutan yang ramah hingga kucing ini merasa aman dan percaya.

  2. Kucing Lincah
    Kucing dengan tipe kepribadian tebuka akan menyenangkan saat diajak bermain. Kucing ini bahkan tak segan untuk menjahili tuannya. Karakter kucing tersebut musah bosan, penuh rasa ingin tahu, bahkan tak jarang cenderung destruktif. Pemilik kucing dengan karakter ini sebaiknya punya banyak benda yang bisa dan aman dimainkan oleh kucing.

  3. Kucing Dominan
    Kamu pasti tahu kucing Garfield. Ini salah satu contoh kucing dominan yang suka menjadi pusat perhatian kucing-kucing di lingkungannya. Dia merasa punya hak penuh atas berbagai benda di rumah, misalkan tempat makan, tempat tidur, mainan tertentu, sampai kotak kotoran.

    Hanya saja, kucing ini mudah stres jika dicuekin. Dia tak segan berkelahi dengan kucing lain atau membuat keributan hanya demi mendapatkan perhatian tuannya.

  4. Kucing Impulsif
    Pemilik kucing impulsif harus jeli dalam membaca perilaku binatang peliharannya ini. Kucing jenis ini biasanya sensitif terhadap sesuatu yang membuatnya tertekan. Misalkan suara bising, gambar tertentu, atau benda-benda yang bisa membuatnya ketakutan. Jadi, pemilik kucing impulsif sebaiknya tidak kaget ketika binatang kesayanganmu tiba-tiba berulah ketika merasakan sesuatu.

  5. Kucing Selow
    Memelihara kucing jenis ini akan membuat pemiliknya merasa tenang. Karakter kucing selow mudah diurus, tidak rewel, tidak suka berkelahi dengan kucing lain, dan cenderung tertib.

Baca juga: 
Pria Berjuluk Bapak Kucing dari Masjid Al-Aqsa Wafat Akibat Covid-19


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT