6 Arti Mimpi Laba-laba, Pesan Tentang Kemakmuran Hingga Kecemasan
TEMPO.CO | 06/02/2021 21:35
Ilustrasi wanita tidur. Freepik.com/Tirachardz
Ilustrasi wanita tidur. Freepik.com/Tirachardz

TEMPO.CO, Jakarta - Beberapa orang pernah mengalami mimpi aneh. Seperti mimpi gigi tanggal, berselingkuh, hingga laba-laba. Alam bawah sadar Anda adalah tempat yang rumit sehingga tidak ada penjelasan tunggal tentang laba-laba dalam mimpi. Secara umum, para ahli sepakat bahwa mimpi adalah pengalaman yang sangat individual, dan simbol semacam itu menyisakan banyak ruang untuk interpretasi.

"Kita semua adalah makhluk yang sangat individual, dengan serangkaian pengalaman, sejarah, pengaruh budaya, preferensi, dan asosiasi yang mewarnai makna mimpi," jelas psikolog klinis Nancy Irwin, seperti dilansir dari laman Purewow

Berikut ini makna mimpi laba-laba menurut para ahli

1. Anda memanfaatkan ahli strategi batin Anda (atau penggoda)

Ketika Anda memikirkan laba-laba dalam bentuk totem hewan sambil mempertimbangkan perilakunya di alam, Anda dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang simbolismenya dalam mimpi Anda, kata hipnoterapis bersertifikat dan pakar mimpi Kelly Sullivan Walden.

“Beberapa hewan menerkam, beberapa mengintimidasi, beberapa sulit dipahami — tetapi laba-laba memikat mangsanya ... Karena semua orang dan segala sesuatu dalam mimpimu adalah kamu, mimpi laba-laba [mungkin] melambangkan bahwa kamu terhubung dengan bagian dari dirimu yang strategis, metodis, memikat, dan menggoda," tambah Walden.

2. Pesan agar segala sesuatunya berjalan sesuai keinginan Anda

Memang, menurut Walden, mimpi laba-laba adalah pesan utama bahwa Anda sedang mewujudkan impian Anda. Namun pakar mimpi ini dengan cepat menambahkan bahwa hal yang dapat diambil mungkin adalah taruhan terbaik Anda adalah menyalurkan kesabaran laba-laba. “Karena laba-laba menenun jaring yang menarik makanan mereka, mimpi ini mungkin menjadi pesan untuk berhenti berlarian, pelan-pelan, buat ruang Anda menarik dan tunggu energi dan perhatian yang datang kepada Anda," ujarnya.

3. Kemakmuran ada di pikiran Anda

Apa hubungan laba-laba dengan kemakmuran? Walden menunjukkan bahwa anatomi laba-laba juga merupakan kunci untuk memahami simbolismenya dalam mimpi, dengan menyatakan bahwa delapan kakinya memiliki makna yang sama dengan angka pada umumnya — yaitu kelimpahan, kemakmuran, dan ketidakterbatasan. Intinya: Pandangan Walden adalah bahwa tidak peduli bagaimana perasaan Anda tentang makhluk-makhluk ini dalam kehidupan nyata, mimpi laba-laba sebenarnya bisa menjadi pertanda baik. Atau, paling tidak, pesan bahwa Anda harus mengikuti impian Anda.

4. Anda merasa terbelit atau terjebak

Seperti disebutkan di atas, sifat laba-laba yang berputar di jaring menjadikannya simbol pemberdayaan yang potensial. Konon, Walden mengakui bahwa semua kejadian mimpi adalah ekspresi diri. Dengan demikian, Anda dapat mempertimbangkan aspek apa dari laba-laba yang diidentifikasikan oleh diri ketika Anda tersesat di alam mimpi. Coba tanyakan pada diri Anda apakah Anda pikir Anda duduk manis di jaring menunggu kesuksesan atau merasa lumpuh dengan ambivalensi dan terjebak dalam kebiasaan.

5. Takut akan hal yang tidak diketahui

Menurut Danielle Massi, LMFT, laba-laba cenderung mewakili hal-hal yang tidak diketahui, jadi bisa jadi sesuatu yang Anda takuti sedang merayapi Anda dan pikiran bawah sadar memberi Anda peringatan. Meski begitu, Massi menekankan bahwa kunci untuk memahami laba-laba dalam mimpi Anda adalah bertanya pada diri sendiri bagaimana perasaan Anda tentang melihatnya — karena mimpi bersifat subjektif, emosi yang terikat pada simbol apa pun akan membantu memberi Anda petunjuk.

Baca juga: 5 Arti Mimpi Tanpa Busana, Ada Kaitannya dengan Keterbukaan dan Percaya Diri

6. Anda memiliki emosi tersembunyi yang perlu ditangani

Dr. Irwin mengatakan bahwa gambar mimpi biasanya tidak literal, melainkan metafora untuk menarik kesadaran Anda ke perasaan yang Anda alami pada saat bermimpi. Artinya, seekor laba-laba dalam mimpi Anda dapat menandakan sejumlah perasaan yang perlu diproses otak saat Anda menutup mata. Ini terutama benar jika Anda memiliki rasa takut terhadap laba-laba, dalam hal ini laba-laba mungkin mewakili kehadiran orang yang menyeramkan dalam hidup Anda atau faktor tak terkendali lainnya dalam hidup Anda.

Sekali lagi, pentingnya laba-laba dalam mimpi Anda sangat berkaitan dengan apa yang terjadi dalam hidup Anda, dan bagaimana perasaan Anda tentang makhluk itu. Irwin menekankan bahwa “konteks adalah segalanya” dan orang harus menganggap simbol mimpi sebagai undangan untuk terhubung dengan perasaan mereka sendiri.

7. Kecemasan umum muncul dengan sendirinya

Dan pada catatan itu, psikoterapis klinis dan anggota fakultas Universitas Columbia Laurel Steinberg setuju: Mimpi tentang laba-laba bisa sangat mudah. “Meskipun ukurannya biasanya kecil, laba-laba sangat menyeramkan ... [mereka dapat] menyerang ruang pribadi kita, atau lebih buruk lagi, merangkak ke tubuh kita. Untuk alasan ini, mimpi tentang laba-laba menunjukkan kecemasan bawah sadar tentang perasaan rentan dan tidak terkendali dari beberapa aspek kehidupan kita," ujarnya.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT