Kiat Dapat Pekerjaan di Tengah Pandemi Covid-19
TEMPO.CO | 07/02/2021 08:53
Ilustrasi wanita mencari lowongan kerja. shutterstock.com
Ilustrasi wanita mencari lowongan kerja. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Akibat pandemi Covid-19, banyak sektor usaha di dalam negeri yang gulung tikar. Beberapa bahkan harus merumahkan karyawan. Kondisi ini tentu membuat cari pekerjaan menjadi tantangan tersendiri, khususnya untuk para lulusan baru.

Dalam siaran pers Ruangguru, berikut tips dan trik mendapatkan pekerjaan di tengah pandemi Covid-19.

Tingkatkan kemampuan
Meskipun belum mendapat pekerjaan, jangan cepat puas dengan modal ijazah saja. Justru sekarang adalah saat yang baik untuk meningkatkan kemampuan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan sambil menunggu panggilan pekerjaan, misalnya mengikuti pelatihan yang tidak didapatkan di bangku kuliah.

Mengikuti pelatihan membantu mengasah kemampuan dan menambah keterampilan di bidang yang diinginkan. Misalnya, jika ingin bekerja di bidang pemasaran digital, Anda bisa mengikuti pelatihan di platform online yang menyediakan kursus keterampilan tertentu. Ikutilah pelatihan yang dapat memberikan ilmu dan keterampilan baru. Dengan begitu, Anda akan semakin menonjol ketika melamar pekerjaan.

Baca juga: Tips Membangun Usaha Sampingan tanpa Berhenti Bekerja

Membangun relasi
Meski di rumah saja, jangan hanya menutup diri. Membangun relasi ternyata sangat berguna. Anda bisa mendapatkan info-info terbaru atau rekomendasi pekerjaan dari relasi. Bina hubungan baik dengan para alumni, dosen, kenalan, dan saudara yang dapat membantu mendapatkan pekerjaan.

Anda juga bisa memperkaya relasi melalui platform yang ada. Anda akan menemukan banyak informasi lowongan kerja melalui profil SDM perusahaan. Perbanyaklah koneksi dengan kru SDM, siapa tau ada yang tertarik untuk merekrut.

Perbaiki CV
Curriculum Vitae adalah dokumen penting yang menggambarkan diri. CV merupakan hal pertama yang akan perusahaan lihat dari seorang pelamar pekerjaan. Perusahaan akan melihat dan mendapat kesan pertama melalui CV. Jadi, CV menjadi sangat krusial karena itu adalah dokumen yang menggambarkan diri.

Periksa kembali CV, apakah sudah efektif mengkomunikasikan diri atau belum. Buatlah CV dengan visual yang menarik dan tampilkan informasi agar mudah dicerna pembaca. Lampirkan hal-hal penting yang dapat menjual diri, seperti keterampilan, pengalaman berorganisasi, dan pengalaman bekerja. Jika memiliki sertifikat yang dapat menunjang diri di bidang pekerjaan yang dilamar, maka Anda dapat memasukkannya sebagai nilai plus.

Perbarui informasi lowongan kerja
Selain hal di atas, ini juga tak kalah penting. Pastikan selalu mendapatkan informasi terbaru dan terpercaya seputar info lowongan pekerjaan. Anda bisa cek di berbagai platform lowongan pekerjaan atau situs web perusahaan.

Saat ini, banyak sekali lowongan pekerjaan yang disebarkan melalui media sosial. Anda bisa cek media sosial perusahaan yang dituju atau media sosial info lowongan kerja.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT