Bahaya Minum Minyak Kayu Putih untuk Tangkal Covid-19
TEMPO.CO | 07/02/2021 15:17
Minyak kayu putih. Shutterstock
Minyak kayu putih. Shutterstock

TEMPO.CO, Jakarta - Minyak kayu putih dicari banyak orang di masa pandemi Covid-19 karena dianggap bisa mencegah, bahkan mengobati infeksi virus corona itu. Banyak cara yang dilakukan orang dengan memanfaatkan minyak kayu putih untuk Covid-19, mulai dari mengoleskannya pada kulit, menghirup aroma, hingga meminumnya.

Dokter umum kandidat PhD bidang Sains Medis di Universitas Kobe, Dr. Adam Prabata, menerangkan meminum minyak kayu putih untuk pengobatan Covid-19 bisa berbahaya buat tubuh. Dia memaparkan orang yang meminum minyak kayu putih bisa berisiko mengalami keracunan.

Baca juga: Jangan Samakan Minyak Kayu Putih dan Ekaliptus, Ini Sebabnya

Adam menjelaskan berdasarkan studi dari Atlast Poisonus Plants in Hong Kong, meminum dalam dosis kecil minyak kayu putih atau sekitar 2-3 ml berisiko menyebabkan keluhan sedang hingga berat. Meminum minyak kayu putih juga bisa menyebabkan rasa terbakar di mulut atau hidung. Kemudian nyeri perut, muntah, diare, kejang, hingga kebingungan dan disorientasi.

"Minyak kayu putih boleh digunakan asalkan tidak dianggap sebagai obat Covid-19 dan hanya untuk pemakaian luar," paparnya.

Pasalnya, minyak kayu putih belum terbukti bisa membasmi virus corona penyebab Covid-19.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT