Tren Staycation Bergeser dari Hotel ke Sewa Apartemen, Harga Lebih Kompetitif
TEMPO.CO | 19/02/2021 10:48
Ilustrasi staycation. Foto: @pullmanjakartaindo
Ilustrasi staycation. Foto: @pullmanjakartaindo

TEMPO.CO, JakartaStaycation tak selalu menghabiskan waktu liburan di hotel dan menikmati fasilitasnya. Kini tren tempat staycation semakin variatif. Mulai dari vila, homestay, sampai apartemen, dan aneka properti lain.

Senior Advisor Research Knight Frank Indonesia, Syarifah Syaukat mengatakan ada indikasi staycation dalam meningkatkan kunjungan apartemen sewa. "Staycation menjadi salah satu upaya pengelola untuk mendorong tingkat hunian apartemen sewa di tengah kelesuan properti, bahkan sebelum pandemi Covid-19," kata Syarifah dalam pemaparan Jakarta Property Highlights 2020, Kamis 18 Februari 2021.

Dia menjelaskan, tingkat okupansi rata-rata apartemen sewa pada semester II 2020 hanya 60,7 persen. Angka ini stagnan dari semester sebelumnya dan turun 12 persen dibandingkan okupansi pada periode yang sama 2019. Syarifah mengatakan, stagnansi okupansi apartemen sewa dipicu kebijakan pembatasan masuk bagi warga negara asing. Sementara bisnis sewa apartemen sangat bergantung kepada ekspatriat.

Selama pandemi Covid-19, pemilik apartemen menyasar penyewa lokal. Caranya, menawarkan 'paket' staycation dengan harga yang lebih terjangkau dan tak perlu pergi jauh ke luar kota. Buktinya pada periode tertentu, seperti akhir pekan dan libur panjang, terjadi peningkatan okupansi apartemen sewa sebesar 20 - 30 persen.

Program staycation dari pengelola apartemen sewa ini, Syarifah melanjutkan, menjadi tantangan bagi hotel. Musababnya, hotel juga menawarkan paket staycation dengan segala fasilitasnya.

Selain lokasi, pada akhirnya harga sewa juga menjadi pertimbangan bagi wisatawan staycation. "Masyarakat punya lebih banyak pilihan untuk menyesuaikan dengan kemampuan masing-masing untuk menikmati staycation," katanya.

Baca juga:
Kisah Hotel - Resort Tetap Ramai Tamu Saat Pandemi Covid-19, Apa Rahasianya?


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT