Aroma Rumah Selalu Segar dengan 5 Langkah Sederhana Ini
TEMPO.CO | 21/02/2021 14:35
Ilustrasi ruang tamu. Boldsky.com
Ilustrasi ruang tamu. Boldsky.com

TEMPO.CO, Jakarta - Udara di rumah berbau apek atau tidak segar? Banyak faktor yang mempengaruhi aroma di rumah, mulai dari tanaman dalam ruangan, sepatu, tempat sampah, juga hewan peliharaan. Bau khas dari semua benda ini bergabung untuk membuat aroma unik tempat tinggal Anda.

Membersihkan rumah secara teratur dan memastikan tidak ada barang berbau di dalamnya adalah cara yang paling mudah agar tidak muncul aroma tidak sedap. Tapi jika ingin aroma rumah berbau segar dan harum, inilah lima cara yang bisa Anda lakukan. 

1. Ganti tempat sampah

Untuk membuat rumah tidak berbau, ganti atau cucilah tempat sampah secara teratur. Tempat sampah lebih sering diisi dengan berbagai zat yang berbau seperti kulit buah, sisa makanan, dan sebagainya yang dapat membuat aroma rumah tidak enak. Jadi kosongkan setiap hari dan cuci sesekali.

2. Lilin beraroma

Ingin rumah harum, simpan lilin beraroma di sudut-sudut ruangan di dalam rumah. Mulailah dari ruang tamu hingga kamar tidur, nyalakan jika Anda ingin menghirup aroma yang menyegarkan. 

Ilustrasi lilin aromaterapi (pixabay.com)

3. Letakkan potpurri

Potpurri berisi campuran bahan tanaman yang dikeringkan dan harum alami, digunakan untuk memberikan aroma alami yang lembut. Selain harum, potpurri juga terlihat cantik untuk dekorasi rumah. 

Benda ini tersedia di toko-toko dekorasi rumah. Jika punya waktu, Anda pun bisa membuatnya sendiri. Caranya, campurkan segenggam bunga kering dengan sedikit minyak esensial dan simpan dalam wadah kedap udara selama satu atau dua minggu.

4. Bersihkan karpet

Seringkali permadani atau karpet jadi sumber utama bau yang aneh di dalam rumah. Untuk menghindari hal ini, taburkan sedikit soda kue di permadani lalu sedot debu untuk menghilangkan bau anehnya.

Baca juga: Rumah Lebih Segar dengan Dekorasi Tanaman Hijau, Simak 5 Idenya

5. Buah rebus

Jika ingin tempat tinggal harum,  isi panci dengan air, tambahkan irisan lemon dan bumbu favorit. Rebus dengan api kecil agar aroma herba dan buah meresap di dalam rumah.

6. Tanaman dalam ruangan

Banyak tumbuhan memiliki aroma yang menyenangkan dan efektif menjernihkan udara. Tanam juga tanaman seperti bunga lili, melati, gardenia, dan lainnya agar rumah selalu harum.

PINKVILLA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT