Instruksi Gubernur Banten, Taman Nasional Ujung Kulon Tutup 14 Hari
TEMPO.CO | 18/05/2021 08:04
Dalam rangka menjaga kelestarian satwa Badak Jawa, Balai Taman Nasional Ujung Kulon membentuk tiga tim khusus.
Dalam rangka menjaga kelestarian satwa Badak Jawa, Balai Taman Nasional Ujung Kulon membentuk tiga tim khusus.

TEMPO.CO, JakartaTaman Nasional Ujung Kulon (TNUK) di Kabupaten Pandeglang Banten tak bisa dikunjungi oleh wisatawan dari 17 sampai 30 Mei 2021. Objek wisata alam itu ditutup berdasarkan instruksi dari Gubernur Banten dan Bupati Pandeglang.

"Per hari ini (Senin 17 Mei) resmi ditutup, kita mengikuti instruksi Gubernur dan SE Bupati tertanggal 16 Mei kemarin," kata Humas Balai Taman Nasional Ujung Kulon Andri Firmansyah, Senin, 17 Mei 2021.

Adapun penutupan itu berkaitan dengan upaya mencegah penularan Covid-19 di tempat umum. Pada libur Lebaran lalu, sejumlah destinasi wisata di Banten diserbu oleh wisatawan sehingga menyebabkan kerumunan. Gubernur Banten pun menindaklajutinya dengan menginstruksikan seluruh objek wisata di Banten agar tutup sementara. 

Andri mengatakan pihaknya akan mengikuti setiap kebijakan serta instruksi yang diambil oleh pemerintah terkait upaya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di objek wisata. "Kalau dicabut sebelum tanggal 30  Mei, ya kita akan ikuti. Kalau sampai tanggal 30 Mei, kita juga tetap mengikuti," ujarnya.

Meski begitu, pihak Taman Nasional Ujung Kulon meminta agar Pemprov Banten dan Pemkab Pandeglang segera mencari solusi dan alternatif lain untuk masyarakat yang terkena imbas langsung dari ditutupnya sementara objek wisata, terutama untuk para pengelola wisata yang ada. "Pemprov Banten dan Pemkab Pandeglang pun harus mencari alternatif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat yang ada di setiap objek wisata, terutama para pelaku wisata," ujarnya.

Baca juga: Aturan Baru Jika Ingin Berwisata ke Taman Nasional Ujung Kulon Banten


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT