Keunikan Pulau Um di Sorong, Pantai Pasir Putih dengan Ribuan Kelelawar
TEMPO.CO | 07/06/2021 08:57
Pulau Um Malaumkarta Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat yang dipadati kelelawar pada siang hari. ANTARA/Ernes Broning Kakisina
Pulau Um Malaumkarta Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat yang dipadati kelelawar pada siang hari. ANTARA/Ernes Broning Kakisina

TEMPO.CO, Jakarta - Nama Pulau Um yang ada di Kampung Malaumkarta Kabupaten Sorong, Papua Barat mungkin belum setenar Raja Ampat. Tapi sebenarnya pukau itu juga menyimoan keindahan dan keunikan yang tak kalah.

Pulau Um dikelilingi oleh pasir putih yang bersih dan pemandangan bahari yang mempesona. Yang paling unik adalah keberadaan ribuan ekor kelelawar di setiap pepohonan pulau.

Ribuan hewan nokturnal itu akan tampak berterbangan pada pagi hari dan sore hari. Saat pagi, mereka baru datang setelah mencari makan, sedangkan di sore hari, mereka pergi mencari makan.

Dian Patria, salah satu wisatawan, mengagumi keindahan alam pulau kecil tersebut. "Pulau Um sangat luar biasa indahnya. Saya harap masyarakat setempat terus menjaga kelestarian alam yang yang indah itu," ujarnya, Sabtu, 5 Juni 2021.

Wisatawan asal Jerman, Wisson mengaku kaget saat pertama kali melihat ribuan kelelawar bertengger di pohon pada siang hari di Pulau Um. Sebab biasanya, ia yang telah keliling Indonesia, hanya melihat kelelawar di gua.

"Ini sangat luar biasa dan saya berharap masyarakat terus melestarikan pulau itu," kata Wisson.

Pemandu wisatawan Malaumkarta, Yosias mengatakan bahwa setiap orang yang berkunjung ke pulau Um pasti kagum dengan keindahan alamnya. Keunggulan pulau Um memang merupakan lokasinya yang menjadi tempat beristirahat ribuan ekor kelelawar pada siang hari.

"Kelelawar menjadikan pulau Um sebagai tempat istirahat sudah terjadi puluhan tahun yang lalu. Dan dan hal itu dilestarikan oleh orang tua kami turun-temurun hingga kami dapat menikmatinya keindahan itu saat ini," kata Yosias.

Baca juga: 5 Pulau di Indonesia Ini Diambil dari Nama Hewan, Tapi Cocok Jadi Tempat Liburan


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT